Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Tanah Datar

Nagari Potensial Di Lintau 9 Koto

Kontributor DaerahEkonomi 16 Juli 2019 JAM 06:52:12 WIB

Budidaya ternak ayam dan hasil alam menjadikan Nagari Tigo Jangko sebagai nagari yang potensial di kawasan Lintau 9 Koto. Sampai saat ini, seluruh potensi tersebut telah mampu mengangkat perekonomian masyarakat setempat ke arah yang lebih baik.

Nagari Tigo Jangko merupakan salah satu nagari dari 75 nagari yang ada di Kabupaten Tanah Datar. Nagari ini termasuk kedalam wilayah Kecamatan Lintau Buo dengan  luas 80, 95 kilometer persegi. Jumlah penduduk Nagari Tigo Jangko lebih kurang 6000 jiwa lebih. Rata - rata penduduk Nagari  Tigo Jangko memiliki mata pencarian  sebagai petani, peladang  dan pelaku usaha ternak ayam.

Saat ini, budidaya tanaman kakao, karet, jagung  dan asam kasturi mendominasi hasil alam di kenagarian ini. Selain itu, budidaya ternak ayam juga tengah berkembang pesat, lebih 600 ribu ekor ayam tengah dibudidayakan oleh masyarakat Tigo Jangko. Pemasaran dari ternak  ayam tersebut juga telah menembus beberapa pasar local, dan bahkan beberapa kota di luar Provinsi Sumatera Barat, seperti Jakarta, Riau, Bengkulu dan Provinsi Jambi. Dari potensi yang ada tersebut, telah mampu membawa perekoniman masyarakat Tigo Jangko terus membaik. Bahkan, dikawasan Lintau 9 Koto, potensi Nagari  Tigo Jangko di klaim sebagai  yang terbaik, dan potensial.

Wartawan : ERIK
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat