Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Pariaman

Warga Tutup Tempat Pembuangan Sampah Terpadu di Kecamatan Pariaman Timur

Kontributor DaerahLingkungan 13 Juli 2019 JAM 06:35:08 WIB

Warga sekitar tempat pembuangan sampah terpadu atau TPST dikawasan Dusun Durian Gadang, Desa Tungkal Selatan, Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman, menutup akses masuk truk pembuang sampah. Penutupan tersebut dilakukan, karena bau yang ditimbulkan akibat pembuangan sampah sudah sampai kerumah warga, bahkan tak jarang sudah banyak warga yang terjangkit penyangkit.

Sudah tak tahah dengan bau sampah yang menyengat, warga sekitar tempat pembuangan sampah terpadu atau TPST dikawasan Dusun Durian Gadang, Desa Tungkal Selatan, Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman ini, menutup akses masuk truk pembuang sampah. Langkah tersebut dilakukan, karena bau yang ditimbulkan akibat pembuangan sampah yang diduga sudah mebludak dan sudah tidak maksimal itu, sudah sampai kerumah penduduk sekitar.

Kepala Dusun Durian Gadang Edi Zuhelmi mengatakan,  penutupan sepihak oleh warga ini sebagai dampak kekecewaan mereka terhadap kondisi pengolahan sampah didaerah mereka yang sudah tidak maksimal. Bahkan  saat musim penghujan, limbah sampah mulai masuk ke area sungai, bahkan kini tak jarang sudah banyak warga yang terjangkit penyangkit. Melihat kondisi itu, kepala dusun bersama warga mengambil sikap untuk menutup sementara akses masuk truk pembuang sampah. Warga pun mengaku, sudah melaporkan kondisi itu kepada pihak terkait beberapa waktu lalu berupa surat, meski ditanggapi, namun kondisi sampah masih saja sembraut.

Warga menuntut terkait dengan TPST Pariaman tersebut, di antaranya adanya kompensasi PKK, air bersih di Tungkal Selatan, serta pengolahan sampah secara maksimal. Sementara itu, Camat Kecamatan Pariaman Utara, menyebut akan menampung seluruh keluhan warga, nanti semua tuntutan akan disampaikan kepada Pemerinah Kota Pariaman. Jika tuntutan mereka tidak dipenuhi, penutupan akses masuk truk kelokasi pembuang sampah akan bertambah panjang.

Wartawan : ABDUL/ SARIL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat