Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Ombudsman Sayangkan Penerimaan Peserta Didik Baru Manual

TVRI Sumatera BaratPendidikan 12 Juli 2019 JAM 06:58:15 WIB

Ombudsman Ri perwakilan Sumbar menyayangkan pelaksanaan PPDB tahap 3 yang dilakukan secara manual. Hal ini sangat beresiko tinggi terhadap kecurangan dalam penerimaan peserta didik baru.

Dinas  Pendidikan Kota Padang mengisntruksikan sekolah yang masih mempunyai kuota untuk melakukan penerimaan pemenuhan daya tampung secara manual di sekolah. Namun PPDB 3 diminta dilakukan pihak sekolah secara transparan dan menempel pengumuman tempat terbuka.

Namun mekanisme yang dibuat Pemko Padang untuk PPDB tahap 3 ini sangat disayangkan Ombudsman. Selain informasi ini mendadak dan hanya berlangsung singkat yakni mulai pagi tadi pukul 8 wib hingga 12 wib, pelaksanaan PPDB secara manual juga sangat beresiko tinggi terhadap kecurangan.

Dari pantauan dilapangan daya tampung sejumlah sekolah yang ditetapkan Dinas Pendidikan Kota Padang tidak sesuai dengan kuota sekolah. Diantaranya di SMP Negeri 43 Padang yang diberikan daya tampung 9 orang lagi sedangkan kuota sekolah untuk 11 orang. Diharapkan pelaksanaan PPDB tahun 2019 ini bisa menjadi pembelajaran untuk penerimaan peserta didik baru di tahun depan. Dengan mekanisme yang jelas dan proses yang lebih baik lagi.

Wartawan : NOVIKA/ AGUSRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat