Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Antisipasi Suhu Panas Untuk Jamaah Calon Haji di Tanah Suci

TVRI Sumatera BaratSeputar Kota Padang 09 Juli 2019 JAM 06:59:55 WIB

Mengantisipasi suhu panas di tanah suci, Dinas Kesehatan Sumbar memberikan sejumlah perlengkapan yang bisa digunakan oleh jamaah calon haji selama menjalankan ibadah haji. Suhu panas ini sangat dikhawatirkan bagi 54 persen JCH resiko tinggi dari total JCH tahun 2019.

Suhu di tanah suci saat ini mencapai 50 derajat celcius. Mengantisipasi suhu panas ini, Dinas Kesehatan Sumbar membekali jamaah calon haji dengan berbagai peralatan. Diantaranya berupa masker, sandal, kacamata, payung dan water spray. Hal ini sesuai yang tercantum dalam poin penting penyelenggaraan kesehatan haji.

Pengaruh cuaca ekstrim panas harus dikendalikan dengan adanya upaya promotif dan preventif yang dilakukan secara intens disertai pemberian APD atau alat pelindung diri dengan target kelompok maupun individual. Tercatat 54 persen jamaah calon haji tahun 2019 masuk kategori resiko tinggi yakni sebanyak 4.468 JCH dengan jumlah tertinggi JCH asal Kota Padang sebanyak 1.091 orang.

Menurut Busril Kabid Yankes Dinkes Sumbar kategori resiko tinggi yakni jamaah calon haji berusia lebih dari 90 tahun dan JCH berusia 60 tahun kebawah dengan berbagai penyakit yang diderita. Untuk itu JCH diminta memperhatikan asupan gizi agar karena jika fisik lemah akan membuat JCH mudah sakit.

Wartawan : NOVIKA/ ATFRIANDI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat