Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Sawahlunto

Kesiapan Sambutan Wisatawan ke Kota Sawahlunto

Kontributor DaerahPariwisata 08 Juli 2019 JAM 06:07:17 WIB

Pemerintah dan masyarakat harus siap sambut wisatawan mancanegara untuk datang ke Sumatera Barat khususnya ke Kota Sawahlunto. Setelah ditetapkannya tambang batu bara Ombilin Sawahlunto sebagai status warisan dunia oleh Unesco baru baru ini.

Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto resmi ditetapkan sebagai warisan dunia oleh Unesco. Pada pertemuan komite warisan dunia, di  Azerbaijan, Sabtu kemaren. Warisan Tambang Batubara Ombilin di Kota Sawahlunto, berada sekitar 95 kilometer dari Kota Padang. Di sini berdiri  sisa-sisa industri pertambangan batubara dari zaman kolonialisme.

Bekas tambang ini menjadi bagian dari sejarah dan sebelum ditetapkap sebagai warisan dunia juga sudah menjadi destinasi wisata bagi wisatawan domestic. Untuk itu menurut pengamat dan juga pelaku wisata Ian Hanafiah dengan adanya pengakuan bekas tambang batu bara Ombilin ini sebagi warisan dunia ini membawa dampak yang positif terhadap dunia pariwisata Sumatera Barat ke depannya.

Untuk itu kesiapan masyarakat maupun pemerintah dengan ditetapkanya oleh Unesco sebagai tambang batu bara Ombilin di Kota Sawahlunto sangat diperlukan. Baik itu kesiapan mengenai kepastian identifikasi, perlindungan, konservasi dan transmisi nilai-nilai luhur warisan bangsa dapat terjadi dan berkelanjutan dari generasi ke generasi. Sehingga dengan ditetapkannya bekas tambang batu bara Ombilin di Kota Sawahlunto ini berdampak terhadap harkat hidup dan kesehjahteraan masyarakat sekitar.

Wartawan : NURUL QALBI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat