Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Padang Pariaman

Hama Tikus Serang Puluhan Hektar Sawah di Kabupaten Padang Pariaman

Kontributor DaerahPertanian 07 Juli 2019 JAM 06:50:10 WIB

Puluhan hektar lahan persawahan milik petani dikampung Bukik, Korong Sungai Sirah, Nagari Pilubang, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman, diserang hama tikus. Serangan hama tikus tersebut merupakan sudah kesekian kalinya sejak petani mulai masuk kesawa, akibatnya petani terancam gagal panen dan merugi.

Puluhan hektar lahan persawahan milik petani dikampung Bukik, Korong Sungai Sirah, Nagari Pilubang, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman ini, terancam gagal panen. Hampir seluruh areal padi yang berada dipersawahan ini habis diserang hama tikus, terlihat potongan-potongan batang padi berserakan dipersawahan itu, hingga menyebabkan daun padi menjadi kuning. Kondisi tersebut menyebabkan para petani terancam gagal panen dan merugi, karena diprediksi tidak sedikitpun hasil pertanian milik mereka bisa yang diambil.

Meski ada, namun hanya seberapa, karena yang diambil merupakan sisa-sisa dari serangan hama tikus. Petani mengaku, serangan hama tikus yang melanda lahan persawahan mereka merupakan tahun keenam, sejak mereka mulai masuk kesawa. Bahkan tiga tahun terakhir serangan tikus kian parah. Meski sudah berbagai cara yang dilakukan petani untuk mengatasi hama tikus tersebut, namun tidak berhasil, mulai dari berburu hingga meracuni, malahan hama tikus semakin mengganas.

Petani mengaku sudah, melaporkan kondisi tersebut kepada dinas pertanian setempat, namun hingga kini belum ada upaya yang maksimal untuk membasmi hama tikus. Malahan hama tikus kian mengganas. Petani berharap, ada solusi yang terbaik dari pemerintah, agar hama tikus bisa diatasi, sehingga pada musim kesawa berikutnya lahan persawahan milik mereka aman dari serangan hama tikus dan hama lainya.

Wartawan : ABDUL/ SARIL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat