Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Pengolahan Plastik dan Limbah Menjadi Barang Bernilai

Kontributor DaerahLingkungan 04 Juli 2019 JAM 06:47:05 WIB

Sebagai upaya pengurangan dampak limbah plastik, sejumlah ibu rumah tangga dan  pelajar di Pasaman Barat, berhasil mengolah limbah plastik dan limbah B tiga, menjadi barang bernilai tinggi. Proses daur ulang ini diharapkan mampu menciptakan Pasaman Barat bersih dan menyelamatkan bumi.

Upaya pelestarian lingkungan, dan mencegah dampak negatif penggunaan plastik dan limbah B tiga, dalam kehidupan sehari-hari, mulai dilakukan sejumlah ibu rumah tangga dan pelajar di Pasaman Barat. Kelompok IRT dan pelajar kreatif berhasil mengolah sampah plastik dan sampah lainnya, menjadi produk bernilai tinggi dan menambah penghasilan keluarga dan kelompok mereka. Sejumlah sampah plastik bersih disulap menjadi souvenir dan kursi empuk dengan nilai jual tinggi.

Karya dan inovasi tersebut, dipamerkan oleh pemerhati lingkungan ini, di acara peringatan hari lingkungan hidup dunia, yang digelar di halaman Kantor DLH Kabupaten Pasaman Barat. Peserta mengaku, sejumlah produk mereka dilirik oleh masyarakat dan berhasil meraup keuntungan cukup memuaskan. Salah seorang peserta Evi mengatakan, produk yang berhasil mereka ciptakan seperti aquarium dari TV bekas, gantungan kunci dari sampah odol, dan mengolah kursi tamu empuk dari ban bekas dan anyaman sabut kelapa, serta sejumlah produk lainnya.

Evi berharap, inovasi pemanfaatan barang bekas dan limbah ini, bisa mengurangi kerusakan bumi dan lingkungan, akibat penggunaan plastik yang setiap hari dilakukan oleh masyarakat, terutama masyarakat perkotaan. Di sejumlah stand, juga terpajang, olahan sampah menjadi pupuk kompos dan pupuk cair, sebagai alternatif pupuk kimia di pasaran. Bahkan, beberapa pelajar sekolah, berhasil membentuk ekobrik, dari botol bekas dan sampah makanan mereka, menjadi kursi dan meja santa.

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

PANDAI BESI BANJIR ORDERAN

31 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

POLSEK LUHAK TANGKAP PELAKU CURANMOR

31 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB