Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

PPDB Online Butuh Sosialisasi

TVRI Sumatera BaratPendidikan 03 Juli 2019 JAM 06:29:26 WIB

Penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2019-2020 mendapat perhatian serius dari para orangtua peserta didik baru. Banyak masyarakat masih bingung dan tidak paham dengan sistem zonasi ini. Sistem zonasi yang diterapkan pemerintah melalui peraturan menteri pendidikan dan kebudayan, masih menuai pro kontra di tengah tengah masyarakat hingga saat ini.

Menurut pengamat pendidikan Suryanef, para orangtua masih  mengeluhkan dengan sistem PPDB online yang menggunakan sistem zonasi, karena adanya pembatasan kuota. Sistem zonasi ini sangat bagus untuk pemerataan sistem pendidikan di Indonesia, sehingga tidak adanya perbedaan antara sekolah unggul dengan sekolah yang biasa.

Namun hal ini, masih minim sosialisasi, sehingga membuat para orangtua menjadi kebingungan, seharusnya sosialisasi ini jauh jauh hari harus di beritau kepada orangtua, bukan mendekati hari penerimaan peserta didik baru. Jadi hal ini perlu di kaji ulang oleh pemerintah seperti apa penerapan sistem zonasi ini dan implementasinya di tengah tengah masyrakat, agar semua masyarakat paham dengan sistem zonasi ini.

Sementara itu Suryanef mengatakan dengan penerapan sistem zonasi ini, sangat memberi kemudahan kepada orangtua, yang dekat dari tempat tinggalnya untuk menyekolahkan anak mereka. Selain itu untuk mendukung sistem zonasi ini, pihak sekolah juga harus transparan dengan kuota yang akan di terima. Dalan sistem zonasi, peluang untuk jalur prestasi 5 persen, domisili orang tua 5 persen dan zonasi tempat tinggal 90 persen.

 

 

Wartawan : SAWAL NUR / JONI BAKRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat