Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Pencak Silat Akan Ditetap Sebagai Warisan Dunia

TVRI Sumatera BaratSeni Budaya 02 Juli 2019 JAM 06:53:39 WIB

UNESCO akan segera menetapkan Pencak Silat sebagai warisan dunia tidak benda pada Desember 2019 mendatang. Selain silat, Sumatera Barat juga akan mengusulkan Rendang sebagai salah satu warisan dunia ke UNESCO.

Setelah di usulkan pada tahun 2016, UNESCO akhirnya akan menetapkan Seni Bela Diri Pencak Silat sebagai warisan dunia tidak benda yang berasal dari Indonesia. Rencananya penetapan pencak silat tidak benda akan berlangsung pada Desember 2019 mendatang. Penetapan tersebut diharapkan bisa berdampak positif dalam pelestarian seni bela diri Indonesia tersebut, terlebih Sumatera Barat merupakan daerah yang memiliki banyak perguruan silat yang aktif di berbagai daerah di Sumatera Barat.

Kepala Dinas Kebudayaan Sumatera Barat Gemala Ranti menjelaskan, pada tahun 2016 lalu, terdapat empat daerah yang mengusulkan pencak silat sebagai warisan dunia tidak benda ke UNESCO, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan Sumatera Barat. Selain pencak silat, Sumatera Barat juga telah mengusulkan masakan rendang sebagai warisan nasional, dan di rencanakan akan di usulkan sebagai warisan dunia ke UNESCO.

Wartawan : TUA SAMAN SIREGAR
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat