Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Pariaman

Lomba Beruk Memetik Buah Kelapa di Pantai Gandoriah Pariaman

Kontributor DaerahSeni Budaya 01 Juli 2019 JAM 06:08:28 WIB

Sebanyak 36 pemilik beruk di kota dan Kabupaten Padang Pariaman, ikuti lomba beruk memetik buah kelapa di kawasan objek wisata Pantai Gandoriah Pariaman, minggu siang. Lomba beruk memetik buah kelapa itu, selain rangkaian kegiatan memeriahkan festival pesona Gandoriah, sekaligus melestarikan tradisi turun-temurun di Pariaman. Beruk atau kera, bagi sebagian warga di Kota Pariaman dan Padang Pariaman, sangat bermanfaat membantu aktivitas sehari-hari.

Hewan ini memiliki keterampilan memanjat pohon, memilih, hingga memetik buah kelapa. Bahkan keterampilan beruk memetik buah kelapa itu hanya ada di Sumatera Barat, khususnya di Pariaman, karena di daerah lain yang memetik buah kelapa biasaya adalah orang, namun di Pariaman beruk yang dilatih untuk memetik buah kelapa. Tak heran, sejumlah warga menguji kemampuan beruk dalam lomba memetik kelapa. Termasuk pada dalam memeriahkan pestival pesonoa Gandoriah di Kota Pariaman, dimana Kodim 0308 Pariaman bekerja sama dengan Pemko Pariaman menggelar lomba beruk memetik buah kelapa.

Dimana sekitar 36 ekor beruk ikut serta dalam lomba yang berlangsung di kawasan Objek Wisata Pantai Gandoriah it.  Terlihat, beruk-beruk tersebut mengadu kecepatan untuk memetik kelapa, dengan komando pawangnya. Hewan-hewan primata itu dengan cekatan mencapai puncak pohon kelapa hanya dalam hitungan menit, namun ada juga beruk yang malu dan tidak mau memanjat, hal tersebut akhirnya memancing tawa para penonton.

Setiap peserta memiliki waktu 3 menit untuk menurunkan buah kelapa sebanyak-banyaknya. Lomba ini cukup menarik perhatian wisatawan yang dating, bahkan perilaku beruk-beruk yang lucu juga menjadi hiburan tersendiri bagi wisatawan. Selain memeriahkan festival pesona Gandoriah, lomba beruk memetik buah kelapa, sekaligus melestarikan tradisi turun temurun di Pariaman itu. Selain lomba beruk, di festival itu juga digelar lomba masak sate, lomba selaju sampan, lomba band dan lomba kreatifitas anak. Sehingga diharapkan even wisata tahunan yang diselenggarakan semenjak 2015 tersebut, mampu meningkatkan kunjungan wisata ke Pariaman.

Wartawan : ABDUL/ SYARIL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat