Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Kuota Penerimaan Peserta Didik Baru di Pasaman Barat

Kontributor DaerahPendidikan 01 Juli 2019 JAM 06:52:42 WIB

Sebanyak tujuh belas ribu seratus peserta didik baru, akan ditampung di dua ratus enam puluh enam sekolah dasar negeri dan lima puluh tiga SMP Negeri di Pasaman Barat. Dinas Pendidikan mengaku calon peserta didik baru bisa mendaftar sesuai aturan dan zonasi yang ada.

Selama tahapan penerimaan siswa baru tahun dua ribu sembilan belas, dinas pendidikan bersama sekolah sudah mempersiapkan diri untuk menampung sekitar tujuh belas ribu seratus peserta didik baru, yang tersebar di sekolah dasar negeri dan SMP Negeri se Kabupaten Pasaman Barat. Khusus untuk peserta didik baru jenjang sekolah dasar, terdapat dua ratus enam puluh enam sekolah negeri, dengan daya tampung, sebelas ribu tiga ratus tujuh puluh siswa. Sementara itu tersedia lima puluh tiga SMP Negeri, dengan daya tampung lima ribu tujuh ratus tiga puluh siswa.

Pendaftaran peserta didik baru di Pasaman Barat dibuka serentak, dua puluh empat Juni, sementara pengumuman pada tanggal dua puluh sembilan Juni, setelah dinyatakan lulus, peserta didik baru bisa mendaftar ulang tanggal satu Juli. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman Barat Marimus menjelaskan, penerimaan siswa baru dilakukan dengan sistem zonasi, namun masih dengan cara manual, artinya calon peserta didik baru harus mengikuti aturan berlaku, agar terjadi pemerataan jumlah siswa.

Selain sekolah negeri, sejumlah SD Swasta dan SMP Swasta juga sangat banyak di Pasaman Barat. Bahkan beberapa tahun belakangan, jumlah SD IT dan SMP IT mulai bertambah secara signifikan. Baik di pusat kabupaten hingga ke daerah, sehingga siswa bisa memilih sesuai keinginan masing-masing. Dinas Pendidikan meminta, orangtua atau wali bisa mencermati informasi yang ada, sehingga tidak terjadi kesalahan pahaman. Dan menganggu kelangsungan pendidikan anak. Disisi lain, orangtua diminta tidak memaksakan diri untuk memasukan anak ke sekolah favorit, karena pada dasarnya seluruh sekolah dan materi ajar sama.

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat