Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Pengadaan Alat Pendeteksi Gempa Kota Padang

TVRI Sumatera BaratInformasi dan Teknologi 30 Juni 2019 JAM 06:31:08 WIB

Kantor Lurah Parupuk Tabing Kecamatan Koto Tangah Kota Padang dipasangi alat pendeteksi gempa bekerjasama dengan perusahaan dari Jepang. Alat pendeteksi gempa ini, berguna untuk melihat besaran gempa yang terjadi dan mengevaluasi apakah kawasan tersebut layak untuk tempat bermukim yang aman dari ancaman gempa dan tsunami.

Alat pendeteksi gempa ini dipasang permanen di ruangan Kantor Lurah Parupuk Tabing, yang berfungsi untuk mendeteksi besaran kekuatan gempa yang tengah terjadi. Data yang terdeteksi oleh alat ini akan langsung terkoneksi dengan BPBD dan pusat serta langsung masuk ke perusahaan di Jepang untuk di analisa. Dari data yang tercatat oleh alat pendeteksi ini dapat disimpulkan apakah kawasan Parupun Tabing layak dan aman untuk di tempati.

Selain di Kantor Lurah, Dikecamatan Koto Tangah alat pendeteksi gempa dipasang di Kantor Camat Koto Tangah, hal ini mengingat wilayah Kecamatan Koto Tangah cukup luas. Selain itu, Lurah Parupuk Tabing juga berharap adanya bantuan lain seperti radio HT, radio ini akan sangat berfungsi saat keadaan darurat karna sinyal telekomunikasi yang terganggu saat bencana terjadi. Masyarakat juga dihimbau untuk tepat siap siaga dan waspada bencana karna bencana gempa tidak dapat terdeteksi dan terjadi kapan saja.

Wartawan : SHERLY Z/ JONI BAKRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat