Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaNasional

Final Putusan Mahkamah Konstitusi

Televisi Republik IndonesiaHukum 30 Juni 2019 JAM 06:17:45 WIB

Sidang putusan akhir Mahkamah Konstitusi terkait sengketa pemilu presiden tahun 2019 diharapkan dapat diterima dan dihormati oleh semua pihak. Diharapkan berbagai masalah yang dikemukakan dalam proses ini dapat menjadi catatan agar dapat dievaluasi untuk pelaksanaan pemilu berikutnya.

Hasil putusan Mahkamah Konstitusi tentang sengketa pemilu presiden diharapkan dapat diterima dan dihormati oleh semua kalangan. Meski hasil akhir sudah diputuskan, proses hukum ini diharapkan dapat menjadi pembelajaran dan menjadi catatan penting untuk mekanisme pelaksanaan pemilu kedepannya. Keluarnya putusan akhir MK yang menolak gugatan dari Prabowo - Sandi membuat pasangan Jokowi – Makrif Amin menjadi pasangan  Capres dan Cawapres terpilih pada  pemilu 2019 ini.

Pengamat hukum dan politik Eka Vidya berharap apa saja yang dibahas dalam persidangan dapat menjadi bahan evaluasi, dan terpilihanyan pasangan presiden no urut 1 dapat konsisten dengan janji politiknya dan mengayomi seluruh warga Negara Indonesia tampa ada lagi blok 01 ataupun 02. Hasil MK ini juga menjadi PR besar bagi pasangan Capre Cawapres terpilih, yang harus meluruskan opini masyarakat dan membantah pandangan negatif dari pihak 02 tentang keberpihakan serta lainnya. Sementara itu kubu 02 diharapkan dapat menerima dan menghormati putusan MK, menjadi sebuah putusan tertinggi dan akhir dari persengketaan yang terjadi, apapun kebijakan yang diarahkan oleh presiden terpilih merupakan keputusan yang harus didukung oleh seluruh warga Negara Indonesia.

Wartawan : SHERLY Z/ JONI BAKRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat