Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Terima Bantuan Modal Usaha

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 27 Juni 2019 JAM 06:41:48 WIB

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pasaman, bantu usaha kecil menengah ( UMKM ). Melalui program bantuan modal usaha BAZNAS, untuk menekan  tingkat pengangguran dan kemiskinan di Kabupaten Pasaman.

Sebanyak seribu 700 Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Pasaman telah di rangkul Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pasaman melalui program modal usaha. Salah satunya adalah usaha kipang puluik ita bonjol yang telah sukses melalui program modal usaha BAZNAS. Bantuan modal usaha ini diberikan kepada ukm yang kurang mampu berkisar dari enam ratus ribu sampai lima juta rupiah.

Adanya program modal usaha dari BAZNAS diharapkan nantinya angka penganguran dan kemiskinan semakin hari semakin berkurang, dan UMKM di Kabupaten Pasaman bisa berkembang dengan baik. Sejak tahun 2016  sampai tahun 2018 seribu .200 pelaku umkm telah yang dibantu BAZNAS berupa modal usaha. Pada tahun 2019 ini rencananya  500 orang,  pelaku UMKM yang tersebar di Kabupaten Pasaman telah mendapat bantuan dari BAZNAS. Ketua BAZNAS Pasaman, Syafrizal,  mengatakan, perlu dipahami bahwa penyaluran zakat itu ada dua macam yaitu zakat konsumtif dan produktif,  bantuan modal usaha ini merupakan zakat produktif yang diberikan untuk pelaku usaha yang produktif, dan salah satu tujuan zakat  adalah merubah mustahik menjadi muzakki.

Selain dari modal usaha,  program unggulan BAZNAS Kabupaten Pasaman lainnya yakni program Pasaman sejahtera dengan memberikan bantuan kepada fakir atau jompo. Bantuan keluarga miskin, dan bantuan modal usaha,  program Pasaman sehat melalui bantuan berobat, Pasaman cerdas berupa beasiswa. Pasaman peduli meliputi bantuan bedah rumah untuk warga miskin, bantuan untuk musafir, dan yang terakhir  Pasaman Imtaq bantuan untuk musafir dan mualaf.

Wartawan : ARI YOHANAS
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat