Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Yuliandri Terpilih Sebagai Rektor Universitas Andalas

TVRI Sumatera BaratPendidikan 27 Juni 2019 JAM 06:34:58 WIB

Setelah melewati rapat senat beberapa waktu lalu dan sejumlah tahapan lainnya, siang tadi Universitas Andalas menggelar pemilihan rektor periode 2019-2023. Dalam rapat senat tertutup yang digelar di Convension Hall UNAND, Prof Dr. Yuliandri SH. MH ditetapkan sebagai rektor terpilih dan direncanakan akan dilantik sebelum bulan November.

Hari ini melalui rapat senar tertutup Universitas Andalas menggelar pemilihan rektor UNAND periode 2019-2023. Pemilihan calon rektor ini sebelumnya sudah melewati beberapa tahapan dan proses, dimana pada saat rapat senat pada tanggal 14 Mei 2019, dari 8 bakal calon yang mengikuti proses seleksi, setelah penyampaian visi dan misi kemudian mengerucut ke tiga nama, yakni Prof.Dr. Tafdil Husni. SE, MBA. Prof. Dr. Yuliandri. SH. MH dan Prof Dr. Ing Hairul Abral. Rapat senat tertutup yang digelar di Convention Hall UNAND ini dihadiri langsung oleh kepala Pusdiklat Kemenristek Dikti Wisnu. S. Soenarso dan dihadiri oleh 75 anggota senat Universitas Andalas. Ke 75 anggota senat serta utusan perwakilan mentripun ikut memberikan suara dalam proses pemilihan rektor yang digelar pagi tadi.

Setelah selesai proses pemilihan kemudian langsung dilanjutkan dengan proses penghitungan suara. Dari hasil penghitungan suara tersebut, Prof. Dr. Yuliandri SH MH mendapatkan suara terbanyak dan berhasil mengalahkan petahanan Prof. Dr. Tafdil Husni. Dari 115 suara, Prof. Dr. Tafdil Husni yang merupakan nomor urut 1 mendapatkan 40 suara, Prof. Dr. Yuliandri, Nomor urut 2 berhasil mengumpulkan suara sebanyak 68 suara, dan Prof. Dr. Ing Hairul Abral Nomor urut 3 mendapatkan perolehan 7 suara. Hasil ini dinyatakan sah sesuai aturan dan akan diserahkan kepada kementrian. Sementara itu Prof. Dr. Werry Darta Taifur, SE. MA selaku ketua senat menjelaskan proses pemilihan ini telah berlangsung lama mulai dari penjaringan, serta pernyataan komitmen dari masing-masing calon dan pemilihan yang melibatkan kementrian.

Werry yang juga merupakan mantan Rektor Universitas Andalas juga berharap kepada rektor terpilih untuk dapat membawa UNAND maju kedepan dan berlari kencang dari pemimpin sebelumnya. Hal ini mengingat persaingan perguruan tinggi negeri saat ini semakin ketat memasuki era revolusi industri 4.0. Disamping itu, rektor terpilih periode 2019-2023, Yuliandri bertekad akan membawa Universitas Andalas lebih maju kedepan dengan inovasi dan terobosan yang baru serta capaian target UNAND akan dilakukan secepatnya dalam waktu dekat. Sementara untuk pelantikan rektor terpilih akan dilaksanakan sebelum bulan November, mengingat Rektor UNAND yang sekarang, Prof. Dr. Tafdil Husni masih akan menjabat hingga bulan November nanti.

 

Wartawan : DELIMA/ ATVRIANDI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat