Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Padang Pariaman

BPBD Kabupaten Padang Pariaman Siapkan Petugas Tangguh

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 26 Juni 2019 JAM 06:52:00 WIB

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Padang Pariaman melatih puluhan anggota kelompok siaga bencana yang tersebar di 103 nagari dan 17 kecamatan di daerah itu. Melalui  pelatihan ini diharapkan seluruh anggota kelompok siaga bencana bisa menjadi petugas yang tangguh dalam pengurangan resiko bencana.

Puluhan anggota kelompok siaga bencana yang tersebar di 103 nagari 17 kecamatan ini mengikuti pelatihan pengurangan resiko bencana yang dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Padang Pariaman. Pelatihan puluhan anggota kelompok siaga bencana tersebut dirangkai dalam kegiatan jambore pegurangan resiko bencana I tingkat Kabupaten Padang Pariaman tahun 2019. Kepala Pelaksanaan BPBD Padang Pariaman Budy Mulia  menyebut, pelatihan tersebut diharapkan nantinya seluruh anggota kelompok siaga bencana bisa menjadi petugas yang tangguh dalam pengurangan resiko bencana nantinya.

Budi, juga menyebut pelatihan tersebut sangat penting, mengingat daerah Kabupaten Padang Pariaman merupakan salah satu daerah rawan bencana, seperti tanah longsor, banjir bandang, abrasi pantai dan angin puting beliung dan bencana lainya yang bisa terjadi kapan saja. Sehingga jika nanti terjadi bencana, seluruh anggota siaga bencana sudah siap dan turun langsung dan tahu apa yang harus dilakukan. Tidak hanya itu, seluruh anggota siaga bencana juga diharuskan menjadi corong BPBD di nagari-nagari, bagaiman bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk selalu siap siaga terhadap bencana.

Pelatihan itu, mendapat dukungan dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Barat Erman Rahman, Erman mendukung sepenuhnya langka yang dilakukan BPBD Padang Pariaman dalam pengurangan resiko bencana. Pelatihan pengurangan resiko bencana kepada puluhan anggota kelompok siaga bencana, akan berlangsung empat hari kedepan. Seluruh kelompok siaga bencana tersebut juga akan disiapkan untuk mengikuti janbore pengurangan resiko bencana tingkat Sumbar yang nantinya dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Wartawan : ABDUL/ SARIL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat