Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Wisuda Ke 115 Universitas Negeri Padang

TVRI Sumatera BaratPendidikan 24 Juni 2019 JAM 06:53:45 WIB

Universitas Negeri Padang hari ini menggelar wisuda ke 115 periode Juni 2019. Sebanyak 938 orang wisudawan meraih gelar akademik dari berbagai bidang ilmu yang telah ditempuh. Sebanyak 938 orang wisudawan dan wisudawati Kampus Universitas Negeri Padang diwisuda dalam gelaran wisuda ke 115 periode Juni tahun 2019.

Para lulusan ini ini terdiri dari mahasiswa program diploma 3 hingga program doctor. Untuk diploma tiga sebanyak 94 orang, S1 dan D4 kependidikan 443 orang, S1 dan D4 non kependidikan 257 orang, profesi konselor 25 orang, magister 139 orang dan doktor 5 orang. Dengan mengusung tema membangun sumber daya manusia SDM millenial yang unggul di era revolusi industri 4.0 Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Ganefri berharap para lulusan Universitas Negeri Padang terus menumbuhkan kepekaan terhadap lingkungan kehidupan bermasyarakat di Negara Republik Indonesia, dan mengamalkan nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila. Selain itu era revolusi 4.0 tidak hanya mengubah industri, namun juga pekerjaan, cara berkomunikasi, berbelanja, bertransaksi hingga gaya hidup.

Berkembangnya era revolusi indsutri akan berpotensi menurunkan kualitas pendidikan dan sosial budaya di negeri ini, untuk itu kaum millenial memiliki peranan penting dalam revolusi industri 4.0. Mahasiswa tidak hanya cukup dengan modal indeks prestasi kumulatif atau IPK, kecerdsan emosional menjadi hal yang tidak kalah penting untuk menyongsong zaman yang  serba cepat dan digital. Untuk itu berbagai usaha juga dilakukan oleh UNP sebagai perguruan tinggi berakreditasi institusi A di Indonesia, dalam mendukung program unggulan Kemenristek dalam menyiapkan SDM unggul menyongsong era revolusi industri 4.0. Diantaranya perubahan kurikulum prodi di lingkungan UNP dalam menghadapi dinamika revolusi industri 4.0 dan semangat entepreneurship, perubahan kurikulum tersebut berlaku pada semester Juli-Desember tahun 2019 khususnya untuk mahasiswa baru angkatan 2019.

UNP juga menerapkan Joint Curriculum Joint Degree dan Double Degree, bagi program study yang memiliki kelas internasional dan dapat didanai melalui hibah kompetisi Joint Curriculum. UNP juga telah memiliki 15 prodi yang membuka kelas internasional yang telah disiapkan 2 tahun lalu. Disamping itu ada 10 prodi yang juga diusulkan akhir tahun 2019 untuk mendapatkan sertifikat akreditasi dari lembaga akreditasi internasional di Jerman. Langkah dan upaya untuk meningkatkan keunggulan SDM di era revolusi industri 4.0 ini juga diapresiasi oleh Walikota Padang Panjang Fadly Amran yang menjadi tamu dalam acara wisuda UNP. Sementara itu hingga pertengahan 2019 ini UNP telah meraih berbagai prestasi termasuk menjadi PTN BLU dengan rapor terbaik dalam pelaksanaan program, kegiatan dan anggaran tahun 2018 dengan pencapaian kinerja rektor 150 persen, hal ini berdasarkan penilaian Direktorat Jendral Perbendaharaan Kemenkeu RI yang tahun lalu diraih oleh Universitas Brawijaya Malang, selain itu UNP juga meraih penghargaan terbaik 2 pelayanan informasi publik lewat internet PTN BLU Satker 2019.

Wartawan : SHERLY/ AGUSRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat