Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Solok selatan

Permainan Tradisional Maniti Buluah

Kontributor DaerahSeni Budaya 24 Juni 2019 JAM 06:46:40 WIB

Maniti Buluah satu lagi permainan tradisi unik di Solok Selatan, kegiatan ini digelar turut memeriahkan bulan syawal selepas perayaan Hari Raya Idul Fitri. Pesta rakyat ini biasanya dilaksanakan selama beberapa hari lamanya. Maniti Buluah ini permainan yang telah menjadi tradisi turun temurun di Solok Selatan, Maniti Buluah dalam Bahasa Minang berarti meniti bambu.

Permainan ini biasanya dimainkan di pinggir sungai, bambu yang dipasang melintasi hingga tengah sungai, pemainnya pun meniti bambu tersebut hingga ke ujung, dan bagi yang berhasil sampai ke ujung bambu maka mereka berhak mendapatkan hadiah. Inti dari permainan ini adalah menjaga keseimbangan tubuh saat meniti diatas bambu, namuan jika tidak bisa menjaga keseimbangan maka pemainnya akan tercebur ke sungai.

Permainan ini tidak saja diikuti oleh anak-anak, para ibu-ibu pun tak ketinggalan ambil bagian dalam permainan ini, dengan harapan bisa membawa hadiah berupa uang tunai yang terpasang di ujung bambu. Pada dahulu permainan ini biasanya untuk memeriahkan Hari Raya Idul Fitri, namun pada saat ini kegiatan seperti ini bisa ditemui disaat adanya perayaan hari-hari besar.

Penonton pun riang melihat tingkah lucu para peserta Maniti Buluah, tak sedikit mereka tak bisa mengimbangi badan dan tercebur ke sungai, namun ada pula yang bisa mengambil hadiah yang berada diujung bambu.

Wartawan : DIKY LESMANA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat