Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Penerimaan Peserta Didik Baru Perlu Kajian Mendalam

TVRI Sumatera BaratPendidikan 21 Juni 2019 JAM 06:02:48 WIB

Sistem penerimaan peserta didik baru melalui PPDB Online yang menggunakan aturan zonasi saat ini menimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat. Pengamat pendidikan menilai, penerapan sistem PPDB Online ini belum melewati kajian mendalam yang melibatkan akademisi, LSM serta perguruan tinggi.

Sistem penerimaan peserta didik baru PPDB Online ini merupakan pertama kalinya yang akan diterapkan dalam penerimaan peserta didik baik di tingkat SD, SMP dan SMA. Penerimaan peserta didik melalui sistem zonasi ini tidak sedikit menimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat. Hal ini mengingat jika adanya keinginan bersekolah di sekolah unggulan harus dibatasi dengan ketentuan antara jarak rumah  dengan sekolah. Pengamat pendidikan dari salah satu universitas negeri di Kota Padang menilai PPDB Online ini tidak melalui kajian yang mendalam, sehingga menimbulkan sejumlah polemik di masyarakat. Seharusnya sebuah kebijakan pendidikan harus berdasarkan kajian yang matang yang melibatkan akademisi, LSM dan juga perguruan tinggi.

Disamping itu jika sistem zonasi murni diterapkan, akan menimpulkan perlakuan yang tidak setara yang ujungnya adalah adanya ketidakadilan bagi para siswa, khususnya yang tinggal di pinggiran perkotaan. Berubahnya sistem PPDB dari sistem nilai (prestasi) menjadi sistem zonasi (domisili) membuat siswa yang telah belajar serius dan mendapat nilai bagus menjadi seperti tidak bermakna. Meskipun disatu sisi, adanya keinginan pemerintah untuk pemerataan agar sekolah juga dapat dinikmati siswa yang tinggal di sekitar sekolah. Tetapi perlu ditemukan sebuah sistem yang juga tidak meminggirkan hak siswa yang berprestasi.

Oleh karena itu penting ditemukan sistem PPDB yang pasti dapat menjadi pegangan dan tidak berubah-ubah setiap tahunnya, sehingga PPDB bukan ajang untuk coba-coba. Ini bukan hanya tentang masa depan siswa, tetapi juga masa depan Negara. Sehingga peran negara untuk menghadirkan pendidikan berkualitas perlu dikuatkan.

Wartawan : DELIMA / JONI BAKRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat