Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Bukittinggi

Sulaman Khas Bukittinggi Menuju Pasar Internasional

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 19 Juni 2019 JAM 06:20:21 WIB

Sulaman khas Sumatera Barat dinilai berkualitas dan memiliki ciri yang unik,salah satunya Sulaman Ambun Suri Bukittinggi yang meraih prestasi ditingkat nasional dan menuju pasar internasional. Berawal dari melestarikan tradisi minangkabau,Sulaman Ambun Suri Bukittinggi semakin diminati oleh masyarakat, bahkan oleh-oleh Khas Bukittinggi ini,masuk kedalam daftar sulaman terbaik di Indonesia.

Sulaman Ambun Suri Bukittinggi yang berlokasi di Jembes, Tarok Dipo,Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh ini,sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu. Hingga saat ini,sulaman ambun suri tetap eksis dan siap bersaing dengan usaha sulaman daerah lain, bahkan akan menuju pasar internasional. Sulaman ambun suri memiliki perbedaan dengan sulaman daerah lain di Sumatera Barat, sulaman ambun suri sampai saat ini masih menggunakan mesin hitam atau tradisional,guna merawat kualitas.

Founder sulaman ambun suri,Ida Arleni mengatakan peminat ambun  suri tidak hanya berasal dari dalam negeri,namun juga diminati oleh warga Malaysia dan Singapura. Sulaman unik dan berkulitas khas Bukittinggi ini ,dijual mulai dari harga 150 ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Selain itu,eksisnya ambun suri tidak lepas dari perhatian khusus pemerintah setempat hingga provinsi dan nasional.

 

Wartawan : KANADI WARMAN
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

WASPADA LONGSOR DAN BAJIR DI MUSIM HUJAN

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

KECELAKAAN BERUNTUN 3 ORANG MENINGGAL DUNIA

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

PASBAR BUTUH TEMPAT PENANGKARAN BUAYA

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB