Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaDaerah

Titik Longsor di Sumatera Barat

TVRI Sumatera BaratBencana Alam 18 Juni 2019 JAM 06:04:42 WIB

Akibat curah hujan yang tinggi, semua wilayah di Sumatra Barat kecuali Kota Payakumbuh, menjadi daerah yang rawan terjadinya longsor. Masyarakat diminta terus berhati-hati ketika melakukan perjalanan, terutama pada malam hari.

Saat ini Sumatra Barat merupakan daerah yang rawan terjadinya longsor, seperti yang baru terjadi di daerah Padang Panjang, Pariaman, dan Kota Sawahlunto. Salah satu penyebab yang mengakibatkan longsor adalah curah hujan tinggi yang membuat kondisi tanah menjadi labil. Di Kota Padang Panjang, longsor terjadi pada malam hari di daerah Lembah Anai yang juga merupakan daerah rawan longsor.

Di wilayah Pariaman longsor terjadi di daerah Geringging yang menyebabkan 1 orang meninggal dunia. Sedangkan di Kota Sawahlunto longsor terjadi dibeberapa titik, dan mengakibatkan 1 rumah warga rusak parah sehingga tak bisa lagi dihuni serta 30 rumah terdampak akibat longsor tersebut. Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumatra Barat Rumainur menyebutkan semua daerah di Sumatra Barat kecuali Kota Payakumbuh merupakan daerah rawan longsor. hal tersebut sesuai dengan data, pantauan BPBD dengan pihak terkait serta catatan kejadian longsor yang ada di Sumatra Barat hingga saat ini.

BPBD terus berupaya untuk selalu cekatan dalam menangani dan membantu masyarakat atau daerah yang dilanda longsor. Sehingga bisa meminimalisir terjadinya penambahan korban. Selain itu Rumainur juga menghimbau kepada masyarakat, termasuk pengendara yang melewati daerah titik rawan longsor untuk tetap berhati-hati. Terutama yang melakukan perjalanan di malam hari.

Wartawan : MONA/ JONI SARTIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat