Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Agam

250 Siswa SMP Negeri 1 Tanjung Raya Pelajari Literasi

Kontributor DaerahPendidikan 18 Juni 2019 JAM 06:37:44 WIB

SMP Negeri 1 Tanjung Raya menjalin kerjasama dengan pengurus PWI Kabupaten Agam dalam pengembangan literasi dan jurnalistik siswa. pada kegiatan tersebut 250 siswa berkesempatan mengolah dan menghasilkan karya, sesuai kemampuan yang dimiliki.

Sebanyak 250 siswa SMP Negeri 1 Tanjung Raya mendapat pelatihan literasi dan jurnalistik dari pengurus PWI Kabupaten Agam. Dua orang jurnalis tersebut merupakan ketua PWI Agam, Mursidi dan Bendahara PWI Agam, Rudi Yudistira. Kepala SMP Negeri 1 Tanjung Raya, Eva Indrayeni mengatakan, kegiatan bertujuan untuk membangkitkan generasi penulis. Danau Maninjau terkenal melahirkan tokoh nasional, seperti Buya Hamka, Rasuna Said, Kaharoeddin Datuak Rangkayo Basa dan Muhammad Nasir.

Para pejuang tersebut memiliki semangat dan ketekunan dalam membaca dan menulis. sehingga memiliki wawasan luas. hal itu membuat mereka memiliki pengaruh hebat di dunia luar. namun seiring zaman, kemunduran regenarasi terjadi. dan untuk itu, perlu dibangkitkan kembali, melalui literasi dan jurnalistik. Selain pelatihan tersebut pihaknya juga mewajibkan siswanya untuk membaca buku di setiap mata pelajaran. mengkhususkan satu hari dalam seminggu, untuk membaca buku di perpustakaan atau dalam kelas. berharap minat baca anak kembali tumbuh.

Sementara itu, Ketua PWI Agam, Mursidi berharap literasi dan pelatihan jurnalistik harus terus berkelanjutan. Karena setiap mata pelajaran membutuhkan buku pelajaran. jika literasi diawali dengan membaca, hendaknya harus mampu dilanjutkan untuk menerangkan kembali hingga menuangkannya dalam bentuk karya tulis. Jika semangat membaca dan menulis meningkat, maka  tingkat kecerdasan dan wawasan ilmu pengetahuan anak akan turut meningkat. sehingga akan melahirkan kembali tokoh-tokoh nasional yang memajukan bangsa dan negarannya.

Wartawan : RUDI YUDISTIRA
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat