Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Solok selatan

Pacu Codang

Kontributor DaerahSeni Budaya 16 Juni 2019 JAM 06:25:05 WIB

Permainan pacu codang merupakan salah satu permainan tradisional yang masih bisa di jumpai di Solok Selatan Kegiatan pacu codang ini tidak saja digemari anak-anak, tapi juga orang dewasa dan kaum ibu-ibu. Permainan ini biasanya digelar pada hari besar seperti liburan lebaran dan tahun baru. Kegiatan ini juga dapat menjalin silaturahmi antar sesama.

Codang ini terbuat dari beberapa batang pisang yang disatukan, atau bisa disebut seperti rakit pohon pisang. Dalam permainan ini yang mencapai garis finish pertama lah yang keluar sebagai  juara. Uniknya dalam pacu codang ini tidak menggunakan alat pengayuh, untuk menggerakan codangnya menggunakan ayunan tangan dan kaki.

Peserta untuk anak-anak biasanya dalam satu codang ditunggangi oleh dua orang. Sementara untuk orang dewasa hanya ditunggangi satu orang, untuk panjang lintasan bisanya sekitar 30 meter.  Kegiatan anak nagari ini  menjadi perhatian bagi masyarakat sekitar karena dapat menjadi hiburan disaat liburan lebaran. Panitia penyelenggara berharap kegiatan ini dapat menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke daerah Solok Selatan.

Wartawan : DIKY LESMANA
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat