Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Penjualan Mainan Menurun

Kontributor DaerahEkonomi 14 Juni 2019 JAM 06:22:49 WIB

Minimnya jumlah pengunjung dan sulitnya ekonomi masyarakat, membut pedagang mainan di objek wisata Air Bangis mengeluh. Pendapatan pedagang menurun drastis jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Aktivitas jual beli dan jasa di sekitar objek wisata pantai di Nagari Air Bangis Kabupaten Pasaman Barat, menurun jika dibandingkan dengan sebelumnya. Berkurangnya penjualan tersebut, dampak dari berkurangnya jumlah pengunjung selama empat hari iven pesta pantai. Seperti yang dikeluhkan oleh Ade Putra pedagang mainan dan asesoris. biasanya dalam satu hari ia bisa melakukan transaksi sekitar dua juta  lima ratus ribu rupiah, namun sekarang turun menjadi satu juta saja.

Padahal dari segi harga, mainan anak-anak dan asesoris yang dijual relatif murah, yakni berkisar dua ribu hingga tiga puluh lima ribu rupiah, namun sulitnya ekonomi dan berkurangnya pengunjung membuat masyarakat enggan berbelanja. Selain dirinya, sejumlah pedagang lain juga merasakan hal yang sama. Akibat peristiwa ini, sejumlah pedagang makanan merasa merugi, karena dagangan mereka tidak terjual, sementara pedagang main, merugi karena banyak waktu yang terbuang.

Pedagang berharap, momen lebaran tahun depan, ekonomi masyarakat bisa membaik dan meningkatnya jumlah pengunjung. Namun hal itu perlu perbaikan sarana di lokasi wisata, sebagai daya tarik bagi pengunjung.  Pedagang mengaku, selama iven pesta pantai di Air Bangis, tahun ini merupakan kondisi terburuk yang mereka alami. Karena banyak masyarakat yang berlibur sekedar menikmati alam dan enggan berbelanja. Sebab momen liburan saat ini bertepatan dengan awal tahun ajaran baru.

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

PANDAI BESI BANJIR ORDERAN

31 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

POLSEK LUHAK TANGKAP PELAKU CURANMOR

31 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB