Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Payakumbuh

PDAM Suling Air Sungai

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 27 Mei 2019 JAM 06:37:13 WIB

Memenuhi kebutuhan air bersih warga di lima kecamatan, PEMKO Payakumbuh melakukan penyulingan air sungai Batang Agam. Proyek yang telah berjalanan beberapa waktu tersebut mampu menghasilkan air bersih mencapai 50 liter perdetik. Proyek penyulingan air Batang Agam atau yang dikenal sebagai sistem penyediaan air minum di Kelurahan Tanjung Pauh Payakumbuh barat telah dioperasikan sejak beberapa waktu lalu.

Pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) senilai rp 20,5 milyar itu nantinya bisa beroperasi dengan baik sehingga menjadi solusi untuk mengatasi persoalan kekurangan pasokan air di Payakumbuh. Dari waktu ke waktu kebutuhan air bersih di Payakumbuh semakin meningkat sementara kapasitas produksi PDAM tidak memadai. Beroperasinya penyulingan tersebut diharapkan mampu mengatasi persoalan kekurangan air di Payakumbuh.

Dari beberapa uji coba yang dilakukan, air yang dihasilkan cukup bagus dan sudah didistribusikan ke masyarakat. Kedepan jumlah air perdetik yang dihasilkan akan terus ditambah, sehingga daerah-daerah yang selama ini kerap kesulitan air bisa teratasi. Pemko Payakumbuh membangun SPAM mulai tahun 2018 sebagai sumber air bersih yang baru selain dari sumber air di Batang Tabik dan Kecamatan Situjuah Kabupaten Limapuluh Kota.

Selain memenuhi pasokan sumber air bersih, pembangunan SPAM juga merupakan rekomendasi dari bapak bahwa Kota Payakumbuh harus mempunyai sumber air bersih sendiri sehingga tidak tergantung kepada daerah lain.

Pembangunan SPAM merupakan solusi inovatif dengan memfilter sumber air dari Batang Agam secara teknologi sehingga menjadi air yang bersih bahkan layak dikonsumsi. Nantinya kapasitasnya air yang dihasikan mencapai 100 liter per detik, lebih tinggi dari batang tabik yang baru 80 liter per detik.

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat