Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaDaerah

Lapas Anak Buka Bersama

Kontributor DaerahSerba serbi Ramadhan 27 Mei 2019 JAM 06:27:12 WIB

Berbagai upaya dilakukan lembaga pembinaan khusus anak (LPKA) untuk membina puluhan anak binaan yang ada di lapas khusus perempuan dan anak tanjung pati.

Selain pembinaan ketrampilan, mereka juga menggelar kegiatan buka bersama sebagai bentuk pemenuhan hak anak. Ratusan orang tua dan keluarga anak binaan di lembaga pembinaan khusus anak atau LPKA Tanjung Pati mengikuti kegiatan buka bersama yang digelar pihak lapas.

Kegiatan ini   dalam upaya mendekatkan warga binaan dengan keluarga mereka yang datang berkunjung. Sebelum menggelar buka bersama, kegiatan diawali dengan memberikan siraman rohani kepada warga binaan agar bisa merobah diri dan mensyukuri  yang telah diberikan allah kepadanya. Meski baru pertama kali digelar, orang tua dan keluarga  warga binaan yang didominasi kasus pencurian, asusila serta narkoba itu terlihat antusias mengikuti buka bersama sekaligus melepas rindu saat mengunjungi anak-anak mereka.

Sejak sore, orang tua dan keluarga anak binaan  telah datang dan menunggu pintu masuk LPKA dibuka, mereka tidak saja datang dari kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, namun juga datang dari kabupaten kota lainnya di Sumatera Barat, diantarannya dari Pasaman, Sawahlunto, Lubuak Basung, Sijunjung dan lainnya.

D, salah seorang keluarga anak binaan mengaku berterima kasih dengan kegiatan buka bersama yang digelar pihak LPKA, sehingga ia bisa buka bersama dengan sang adik yang tersandung kasus narkoba. Dengan kegiatan buka bersama, pihak keluarga mengaku mereka bisa saling berbagi kebahagian, sebab dengan buka bersama, warga binaan merasa seperti dirumah sendiri.

Mereka berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan sehingga anak-anak yang  menjadi warga binaan bisa semakin kuat dan tabah dalam menjalani pembinaan di LPKA. Sementara pihak lapas menyebutkan bahwa kegiatan buka bersama yang digelar merupakan pemenuhan hak anak, dengan harapan hubungan antara anak dan keluarga serta orang tua bisa terus terjalin dengan baik.

Raut kebahagiaan terpancar dari puluhan anak binaan dan pihak keluarga yang datang, sebab mereka bisa berkumpul dan bercengkrama dengan orang tua dan kelaurga mereka. selain menggelar buka bersama, juga dilaksanakan sholat magrib berjamaah. Hingga saat ini jumlah warga binaan di LPKA kelas ii b Tanjung Pati mencapai 118 orang, dengan rincian 46 anak binaan dan selebihnya warga binaan perempuan.

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat