Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaDaerah

Kenaikan Harga

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 20 Mei 2019 JAM 06:11:11 WIB

Harga bawang putih yang sebelumnya mencapai 100 ribu rupiah perkilogramnya, terus mengalami penurunan hingga mencapai 40 ribu rupiah perkilogram. Meski harga bawang putih turun, namun lain halnya dengan harga kacang tanah, tepung beras dan gula pasir, yang justru mengalami kenaikan dari harga sebelumnya. Kenaikan harga kacang tanah, tepung beras dan gula pasir ini sudah terjadi sejak dua hari terkahir, yang diduga trend jelang hari raya idul fitri. Karena sampai saat ini untuk pasokan tiga jenis kebutuhan itu masih terpenuhi atau cukup untuk memenuhi permintaan masyarakat hingga lebaran nanti.

Kenaikan tiga jenis kebutuah  itu, hingga mencapai 4 ribu hingga 11 ribu rupiah perkilogramnya. Namun menurut pedagang, kenaikan tersebut terbilang tinggi dibanding sebelumnya kenaikan hanya terjadi kisaran 500 rupiah saja. Saat ini untuk harga tepung beras dijual 125 ribu rupiah perkartonnya, padahal sebelumnya hanya 115 ribu rupiah saja. Sedangkan untuk harga kacang tanah, naik dari 22 ribu rupiah perkilogramnya menjadi 26 ribu rupiah perkilogramnya, dan untuk harga gula pasir mencapai 14 ribu rupiah perkilogramnya dimana yan sebelumnya hanya 12 ribu rupiah perkilogramnya.

Menurut pedagang, saat ini permintaan akan kacang tanah, tepung beras cukup tinggi dari mayarakat, mengingat akan datangnya hari raya idul fitri, dimana kecendrungan masyarakat membuat kue untuk lebaran. Kenaikan jenis kebutuhan tersebut diprediksi akan terus tinggi hingga lebaran tiba. Sementara itu, untuk kebutuhan pokok lainya masih normal, bahkan harga bawang putih yang sebelumnya mencapai harga 100 ribu rupiah perkilogramnya, terus mengalami penurunan hingga mencapai 40 ribu rupiah perkilogramnya. Begiupun dengan harga cabe mrah juga mengalamai penutrunan dengan aharag 26 ribu rupiah perkilogramnya.

Wartawan : ABDUL/ SARIL
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

WASPADA LONGSOR DAN BAJIR DI MUSIM HUJAN

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

KECELAKAAN BERUNTUN 3 ORANG MENINGGAL DUNIA

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

PASBAR BUTUH TEMPAT PENANGKARAN BUAYA

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB