Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

PSU Pengaruhi Peroleh Suara

TVRI Sumatera BaratPolitik 02 Mei 2019 JAM 06:25:31 WIB

Dari proses Rekapitulasi suara tingkat Kecamatan, diketahui penyelenggaraan pemungutan suara ulang PSU mempengaruhi peroleh suara. Selain itu penyelenggaraan PSU tidak diikuti dengan antusias pemilih menggunakan hak suaranya. Pemungutan Suara ulang PSU memberikan dampak terhadap penyelenggaraan Pemilu, tidak hanya kinerja para petugas namun juga rekap perolehan suara oleh peserta Pemilu.

Setelah adanya proses rekapitulasi suara ditingkat Kecamatan, diketahui terjadi pergeseran perolehan suara oleh sejumlah peserta Pemilu usai pelaksanaan pemungutan suara ulang. Bahkan peserta yang sebelumnya memiliki suara terbanyak bisa kehilangan suara dan beralih ke peserta lainnya. Diketahui pelaksanaan PSU di Kota Padang dilakukan di 46 TPS yang tersebar di sejumlah Kecamatan diKota Padang,  pergeseran jumlah suara ini terjadi salah satunya di Dapil Padang tiga yaitu Kecamatan Lubuk Kilangan, dengan 8 TPS pelaksana PSU.

Meski demikian yang menjadi hasil akhir dari Rekapitulasi Suara yaitu hasil dari Pelaksanaan PSU, dan Suara yang diperoleh pada 17 April tidak berlaku lagi meski partisipasi pemilih pada pelaksanaan PSU menurun. Dari hasil pantauan diketahui penggunaan hak pilih pada penyelenggaraan PSU jauh menurun dari 80 persen turun  rata rata hingga 55 persen.

Wartawan : SHERLY/ AGUSRI
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

WASPADA LONGSOR DAN BAJIR DI MUSIM HUJAN

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

KECELAKAAN BERUNTUN 3 ORANG MENINGGAL DUNIA

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

PASBAR BUTUH TEMPAT PENANGKARAN BUAYA

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB