Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Padang Pariaman

21 SMPN Masih UNKP

Kontributor DaerahPendidikan 24 April 2019 JAM 06:30:33 WIB

Akibat keterbatasan komputer, sebanyak dua puluh satu sekolah Negeri di Kabupaten Padang Pariaman, hingga kini masih menggunakan Ujian Nasional Berbasisi Kertas dan Pencil atau UNKP. Meski masih menggunakan sistim UNKP, namun pihak sekolah terus berupaya agar ujian nasional bisa berjalan makimal. Dari 60 SMP Negeri dan Swasta di Kabupaten Padang Pariaman, masih ada 21 sekolah yang menyelenggarakan Ujian Nasional Kertas dan Pensil atau UNKP.Ssedangkan 39 SMP sudah Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Kadis Pendidikan Kabupaten Padang Pariaman Rahmang,  menyebut, masih banyaknya SMPN maupun SMP Swasta yang belum UNBK di Padang Pariaman, karena keterbatasan fasilitas komputer yang dimiliki sekolah.

Meski  demikian, 26 sekolah yang sudah memakai sistim UNBK masih menumpang kesekolah lain sedangkan 13 sekolah SMP lainya sudah mandiri. Selain itu, Rahmang juga menyebut, jumlah siswa yang mengikuti UNBK tahun ini berjumlah 4.616 siswa, sementara siswa yang mengikuti UNKP berjumlah 1.290 siswa.

Adapun sekolah yang masih memakai sistim unkp diantaranya adalah SMP Negeri 2 Nan Sabaris ini. Terlihat sekitar 116 siswa disekolah itu masih melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pencil.

Kepala sekolah SMPN 2 Nan Sabaris Baiyar Mansur, menyebut, belum mampunyai pihak Sekolah melaksankan UNBK, karena teterbatasan anggaran unntuk biaya pengadaan computer, sehingga sekolahnya hingga kini masih memakai siswa UNKP. Namun kedepan ia berharap UNBK bisa terlaksana disekolahnya. Hal tersebut bisa terwujud berkat kerjasama antara sekolah, komite, walimurid dan alumni nantinya. Meski masih menggunakan sistim UNKP, namun pihak sekolah terus berupaya agar Ujian Nasional bisa berjalan maskimal.

Sementara itu, pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK di Padang Pariaman hingga hari kedua berjalan aman dan lancar, baik gangguan jaringan internet maupun gangguan jaringan listrik.

Wartawan : ABDUL/ SARIL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat