Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

TPS Terindikasi Pelanggaran

Kontributor DaerahPolitik 23 April 2019 JAM 06:45:16 WIB

Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Pasaman Barat, terus meneliti dan mendalami, sejumlah TPS, yang terindikasi melakukan pelanggaran Pemilu di Pasaman Barat. Jika terbukti dan memenuhi syarat, BAWASLU akan merekomendasikan pemungutan suara ulang di TPS tersebut. Setelah melakukan pengawasan sejak masa tenang, hingga masa pemungutan suara tujuh belas April kemarin, Badan Pangawas Pemilu Kabupaten Pasaman Barat, belum bisa menyimpulkan pelanggaran yang terjadi saat penyelenggaran PEMILU, atau rekomendasi PSU.

Bawaslu mengaku, saat ini masih melakukan penelitian, dugaan pelanggaran yang terjadi saat pencoblosan, di sejumlah TPS di Pasaman Barat. Penelitian dan verifikasi tersebut, dimaksudkan untuk melengkapi alat bukti dugaan pelanggaran tersebut. Jika hasil penelitian pelanggaran tersebut memenuhi syarat, BAWASLU akan merekomendasikan kepada kKPU Pasaman Barat, untuk melakukan pemungutan suara ulang di sejumlah TPS diduga melanggar. Ketua BAWASLU Pasaman Barat Embra Patria belum bisa memastikan berapa jumlah pelanggaran dan TPS yang akan direkomendasi pemungutan suara ulang. Pihaknya masih melakukan koordinasi dengan BAWASLU Provinsi dan internal untuk mendudukan jenis pelanggaran yang berhasil ditemukan di lapangan.

Disisi lain, selama minggu tenang dan tahapan pendisribusian logistik PEMILU ke TPS, BAWASLU bersama PANWASCAM juga melakukan pengawasan melekat, dan belum menerima adanya laporan atau temuan pelanggaran. Bawaslu meminta, masyarakat pro aktif dalam pengawasan PEMILU ini, jika ada temuan, besar harapan bisa memberikan laporan sesuai mekanisme yang ada, termasuk dengan alat bukti dan kelenggakapan lainnya. Disisi lain, tim BAWASLU tetap  melakukan pengawasan, hingga proses rekapitulasi suara selesai.

Wartawan : ANDIKA
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat