Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

1 Juta Cemara Udang Akan Ditanam Di Pesisir Pantai

TVRI Sumatera BaratSeputar Sumbar 12 Maret 2019 JAM 06:02:47 WIB

Untuk meminimalisir dampak bencana stunami dan banjir rob, Pemerintah Provinsi melalui BPBD Sumbar akan menanam satu juta cemara udang di sepanjang pesisir pantai Sumatera Barat.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur menjelaskan saat ini pihaknya tengah menghitung kebutuhan bibit cemara udang dan dimana lokasi pohon pelindung itu akan ditanam. Dari 7 kabupaten dan kota pesisir pantai di Sumbar tahap awal penanaman akan dilaksanakan di Kota Padang.

BPBD Sumbar akan berkoordinasi dengan BNPB terkait bibit yang bagus. Nantinya BNPB akan kirim bibit melalui batalyon di Kota Padang. Dan diharapkan segera sampai dalam minggu ini. Rumainur menjelaskan peristiwa alam tidak dapat ditolak, namun menimalisir risiko kerusakan, korban jiwa saat terjadi bencana bisa ditekan.

Salah satu upaya meminimalisir kerusakan dan korban dengan cara vegetasi atau menanam tumbuh - tumbuhan disekitar pantai yang menjadi sasaran terjangan tsunami. Hal ini mengingat penaman pohon pelindung seperti cemara udang bakau, palaka, pule, ketapang, beringin, dan mahoni terbukti bisa menjadi penyangga terjangan tsunami. Penaman nantinya akan dilanjutkan ke daerah pesisir pantai setelah Kota Padang, yakni, Mentawai, Pesisir Selatan, Pariaman, Padang Pariaman, Agam dan Pasaman Barat yang akan di tanam secara bertahap di sepanjang pinggir pantai daerah pesisir.

Wartawan : DELIMA / ATVRIANDI
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

WASPADA LONGSOR DAN BAJIR DI MUSIM HUJAN

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

KECELAKAAN BERUNTUN 3 ORANG MENINGGAL DUNIA

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

PASBAR BUTUH TEMPAT PENANGKARAN BUAYA

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB