Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Agam

Dua Makam Penyebar Islam Di Asia Di Renovasi

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 04 Maret 2019 JAM 06:38:01 WIB

Lama tidak diurus dan diperhatikan, dua makam Syeh Penyebar Islam di Asia yang berada di Pasia, Ampek Angkek Kabupaten Agam, direnovasi. Ke dua makam ini, diantaranya Syeh Djalaluddin dan Syeh Muhammad Husein.

Selain menyebarkan Islam di kanca Asia, dua Syeh ini memiliki cerita yang panjang menegakan syariat di ranah minang, salah satunya mendapatkan tantangan dari kaum adat, terkait perjudian dan masalah kepercayaan lainnya. Konsep dakwah, dengan cara lemah lembut, tidak semua masyarakat minang yang menerimanya, sehingga wafatnya dua ulama ini, tidak terlalu di perhatikan oleh warga sekitar.

Sementara itu, Syeh Djalaluddin memiliki anak yang menjadi raja di Malaysia dan anak tersebut juga dimakamkan di Pasia, Ampek Angkek kabupaten Agam. Mengenang kembali perjalanan dakwah, Syeh Djalaluddin dan Syeh Muhammad Husein, pihak keluarga dan perantau Agam, kucur dana ratusan juta untuk merenovasi dua makam tersebut. Warga Pasia Agam, Nasrul Hamid mengatakan, renovasi dua makam ini, setelah mendapatkan bantuan dari pihak keluarga di perantauan.

Wartawan : KANADI WARMAN
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

WASPADA LONGSOR DAN BAJIR DI MUSIM HUJAN

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

KECELAKAAN BERUNTUN 3 ORANG MENINGGAL DUNIA

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

PASBAR BUTUH TEMPAT PENANGKARAN BUAYA

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB