Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pesisir Selatan

Mandeh Akan jadi Kawasan Ekonomi Khusus

Kontributor DaerahEkonomi 22 Februari 2019 JAM 06:29:44 WIB

Berbagai upaya telah dipersiapkan pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk mendukung kawasan Mandeh  menjadi Kawasan Ekonomi Khusus pariwisata. Salah satunya yakni  persiapan analisa dampak lingkungan maupun zonasi dan kajian lingungan hidup strategis atau KLHS. Luas kawasan Mandeh  mencapai 48 ribu Hektar.

Dari luas tersebut 400 hektar akan dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK. Untuk mewujudkan Kawasan Ekonomi Khusus tersebut, berbagai upaya telah dipersiapkan oleh pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Diantaranya persiapan analisa dampak lingkungan atau AMDAL persoalan pemetaan wilayah atau zonasi serta kajian lingkungan hidup strategis atau KLHS. Terkait dengan persoalan zonasi saat Dinas PUPR  telah berkonsultasi ke Badan Informasi Geofisiak atau BIG.

Anggota Komisi IV DPRD SUMBAR Saidal Masfiyuddin  mengatakan kondisi terakhir peta zonasi Kawasan Ekonomi Khusus Mandeh untuk Pesisir Selatan sudah selesai pemetaannya. Karena Mandeh memiliki 65 titik zonasi  diantaranya 39 titik terdapat  di wilayah Pesisir Selatan 26 titik di wilayah Kota Padang. Untuk 39 titik di Wilayah Pesisir Selataan ini pemetaan sudah selesai yang diringi dengan peta dasar peta Tematik dan peta Perencanaan. Sementara peta zonasi wilayah 26 titik di Kota Padang masih dalam proses pemetaan. Dengan  dijadikan kawasan Mande ini menjadi Kawasan Ekonomi Khusus diharapkan mampu meningkatkan perekonomina masyarakat di Sumatera Barat khususnya Pesisir Selatan.

Wartawan : NURUL QALBI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat