Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Padang Pariaman

BPBD Pariaman Himbau Masyarakat Jangan Tunggu SIrine

Kontributor DaerahBencana Alam 06 Februari 2019 JAM 06:18:03 WIB

Kota Pariaman Selasa dini hari, kembali merasakan guncangan gempa yang berasal dari Nias Selatan Provinsi Sumatera Utara yang berkekuatan 6,1 Skala Richter. Sejumlah warga sempat panik dan lari keluar rumah. Gempa kali ini merupakan goncangan kesekian kalinya terjadi akhir-akir ini. BPBD menghimbau masyarakat jangan panik dan lari jika goncangan kuat sehingga tidak harus menunggu bunyi serine.

Sejumlah warga Pariaman, tepatnya warga Pariaman Utara, nampak keluar rumah menyelamatkan diri saat Kota tersebut digoncang gempa pada Selasa dini hari tadi. Pasalnya gempa berkekuatan 6,1 Skala richter yang berasal dari Nias Selatan Provinsi Sumatera Utara itu cukup kuat terasa di Pariaman. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Pariaman Asrizal,  mengihimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak panik saat gempa dating. namun jika goncangan gempa cukup kuat, diminta kepada masyarakat untuk lari dan tidak perlu menunggu dulu bunyi serine, ataupun menunggu air laut surut.

Masyarakt diminta lari ketempat yang lebih aman dan ketinggian, agar jika gempa datang bersamaan dengan tsunami, masyarakat akan lebih aman dari bahay tersebut. Asrizal juga menyebutkan bahwa tahun ketahun jumlah goncangan gempa terus meningkat namun Skalanya kecil. Selain itu,  masyarakat juga diharapkan bisa memanfaatkan jalur evakuasi yang sudah ditentukan. Agar bisa mencapai lokasi evakuasi akhir yang sudah ditentukan, dimana sedikitnya ada 20 jalur evakuasi yang sudah disiapkan oleh Pemerintah Kota Pariaman.

Wartawan : ABDUL/ SARIL
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

WASPADA LONGSOR DAN BAJIR DI MUSIM HUJAN

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

KECELAKAAN BERUNTUN 3 ORANG MENINGGAL DUNIA

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

PASBAR BUTUH TEMPAT PENANGKARAN BUAYA

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB