Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Sumbar Gempa Di Mentawai Harus Diwaspadai

TVRI Sumatera BaratBencana Alam 05 Februari 2019 JAM 06:18:03 WIB

105 kali gempa yang terjadi pada Sabtu dan Minggu pagi lalu sebagian besar berasal dari Kabupaten Kepulauan Mentawai. Sumber gempa di Kepulauan Mentawai ini berasal dari Megatrust dan Segmen Mentawai yang dinilai harus tetap diwaspadai. Pada hari Minggu telah terjadi gempa sebanyak 105 kali di Sumatera Barat. Sebagian besar gempa tersebut bersumber dari Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Di kabupaten Kepulauan Mentawai ini terdapat dua sumber gempa yang harus diwaspadai, yaitu pergerakan Megatrust di Siberut dan Segmen Mentawai yang berada diantara Kota Padang dan Kepulauan Mentawai. Selain itu, pergerakan lempengan di Siberut hingga saat ini menyimpan energi sekitar 8,4 Skala Richter.

Menurut pihak BPBD Sumatera Barat, saat ini kondisi di Kabupaten Kepulauan Mentawai masih kondusif meski terdapat beberapa bangunan dan satu mercusuar yang roboh akibat gempa Sabtu lalu. Pihaknya bersama instansi terkait serta pemda Kabupaten Kepulauan Mentawai akan segera melakukan upaya meningkatkan Mitigasi bencana di daerah tersebut.

Sementara upaya peningkatan Mitigasi bencana ini tidak hanya dilakukan di Kabupaten Kepulauan Mentawai, tetapi juga di tujuh Kabupaten Kota yang berada dipesisir pantai barat di Sumatera Barat yang merupakan daerah terdampak gempa dan tsunami jika terjadi gempa dengan kekuatan besar, seperti Kabupaten Pasaman Barat, satu Kecamatan di Kabupaten Agam, Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan, dan Kabuapten Kepulauan Mentawai.

Wartawan : MAQRI NELVI LUBIS
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat