Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Pembersihan Jalur Evakuasi Tsunami

TVRI Sumatera BaratBencana Alam 04 Februari 2019 JAM 06:00:33 WIB

Guna meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana, warga Kelurahan Bungo Pasang bersama warga Kelurahan Koto Panjang Ikua Koto  Kecamatan Koto Tangah Kota Padang laksanakan gotong royong membersihkan jalur evakuasi tsunami. Hal ini sengaja dilakukan warga karena  seringnya terjadi gempa bumi  akhir-akhir ini. Sebagai bentuk  antisipasi masyarakat terhadap bencana gempa bumi dan tsunami warga Kelurahan Bungo Mas dan Koto Panjang Iku Koto Kecamatan Koto Tangah Kota Padang laksanakan gotong royong bersama membersihkan jalur evakuasi tsunami. Hal ini dilakukan warga mengingat akhir-akhir ini seringnya terjadi gempa bumi.

Ketua RW 07 Kelurahan Koto Panjang Iku Koto Kecamatan Koto Tangah Padang Padang menyatakan jembatan penghubung jalur evakuasi tsunami ini sudah lebih dari 15 tahun dibangun namun belum bisa dilewati kendaraan karena belum adanya timbunan untuk melewati jembatan tersebut. Warga berharap perhatian pemerintah untuk bisa membantu dalam menyelesaikan jembatan ini agar bisa dilalui kendaraan roda empat atu roda dua. Sementara itu Lurah Koto Panjang Iku Koto Syafrial menyatakan selain sebagai jalan evakuasi tsunami bagi masyarakat Kelurahan Bungo Pasang dan Kelurahan Tunggul Hitam, jalur ini merupakan penghubung 3 kelurahan yang bisa tembus ke jalan By Pass belakang TVRI Sumatera Barat.  Syafrial juga menyatakan jalur evakuasi menjadi salah satu sarana penting dalam konteks penanggulangan bencana tsunami apalagi Kota Padang termasuk daerah rawan gempa tsunami dan banjir.

Selain itu jalur evakuasi tsunami di jalan bungo pasang kelurahan iku koto ini juga harus secara rutin dipantau kondisinya agar

Sementara itu anggota DPRD kota Padang Muharlion yang ikut hadir dalam gotong royong bersama warga menyatakan perbaikan jalur evakuasi gempa dan tsunami ini sangat penting dilakukan karna bencana tsunami datang tak mengenal waktu oleh karna itu kita mesti selalu siap dan waspada. Muharlion juga menghimbau masyarakat agar  tidak panik apabila terjadi gempa nanti dan masyarakat harus mengenali jalur-jalur evakuasi yang aman untuk mereka lewati. DPRD kota Padang terus mendukung program pemerintah kota dalam pembenahan jalur evakuasi tsunami guna keamanan masyarakat. Masyarakat juga dihimbau untuk lebih mendekat diri kepada Allah SWT, menjauhkan diri dari perbuatan maksiat dan selalu berdoa agar terhindar bencana alam.

Wartawan : ATFRIADI
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat