Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Gempa Mentawai picu tsunami kecil

TVRI Sumatera BaratBencana Alam 03 Maret 2016 JAM 13:08:00 WIB

Gempa 7,8 SR yang terjadi malam tadi timbulkan tsunami kecil di wilayah Pesisir Pantai Padang dan Pulau Cocos Australia. Tsunami ini terdeteksi dari perubahan permukaan air laut sepanjang 5 hingga 10 centimeter. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menghimbau masyarakat tetap waspada dengan potensi gempa susulan yang masih mengintai.

Gempa Sumatera Barat memicu terjadinya tsunami kecil di Pulau Cocos Australia sepanjang 10 cm dan Kota Padang sepanjang 5 cm. Hal ini terdeteksi karna perubahan permukaan air laut pasca terjadinya bencana ini. Gempa dengan kekuatan 7,8 skala rikhter yang melanda hampir seluruh wilayah Sumatera Barat pada pukul  19.49 WIB tadi malam, bersumber di 636 km barat daya Kepulauan Mentawai dengan kedalaman 10 km.

Sejumlah peringatan lewat media dan Earlie Warning System di hidupkan untuk mengingatkan masyarakat terhadap dampak gempa yang akan ditimbulkan yang tersebar di sepanjang pantai Barat Sumatera. BMKG telah melakukan warning ke seluruh Pantai Barat Sumatera dengan level status siaga   dengan estimasi atau ancaman tsunami sekitar setengah hingga 3 meter di Mentawai dan level waspada di Pantai Barat Sumatera  termasuk Kota Padang.

Hingga saat ini BMKG bersama Dinas terkait masih melakukan monitoring dan kajian terkait pengaruh gempa di Kepulauan Mentawai terhadap jalur Mentawai Megatrush yang terus di waspadai. BMKG terus memantau gempa-gempa susulan yang berpotensi terjadi hingga beberapa hari kedepan, selain itu pihaknya juga terus berkoordinasi dan  menginformasikan ke masyarakat.

Wartawan : Sherly Zulkarnaen dan Risnaldi
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat