Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Agam

Hasil Tangkap Nelayan Danau Maninjau Membaik

Kontributor DaerahLingkungan hidup 25 Januari 2019 JAM 06:32:20 WIB

Sejak kondisi Danau Maninjau mulai membaik, membuat hasil tangkap nelayan sudah mulai melimpah. Ikan endemik seperti rinuak, bada dan pensi yang sempat hilang selama dua tahun, kini sudah mulai banyak dan mudah ditangkap nelayan Danau Maninjau.

Beginilah aktifitas Anwar, salah seorang nelayan yang asik menangkap ikan dan udang di sekitar Pantai Sikabu, Nagari Maninjau, kabupaten Agam, rabu pagi. dengan menggunakan sampan tradisional, pria paro baya itu mengangkat tangguk, sejenis alat tangkap udang dan memanennya satu persatu. Menurutnya, dua tahun lalu kondisi air danau sempat rusak parah. membuat seluruh ikan dan udang hilang bersembunyi mencari tempat yang aman. di awal tahun 2019 ini, kondisi air sudah membaik. Ikan endemik seperti rinuak, bada, udang dan pensi kembali banyak ditemukan.

Senada dengan Adek, pemuda pencari ikan rinuak. Ia bersama adik perempuannya, rutin setiap pagi mencari rinuak. dan hasil tangkapannya sudah mencapai 6 kilo. Menurutnya, musim tubo belerang masih sering melanda Danau Maninjau. terutama di saat arah angin berasal dari arah barat. Meski demikian, kondisi tersebut dapat menguntungkan nelayan.Pasalnya, ikan banyak ke tepian dan mencari sumber air bersih.

Pata tahun 2019 ini, program terpadu pemulihan Danau Maninjau tetap menjadi prioritas pemerintah kabupaten Agam. seluruh pihak harus kompak untuk bersinergi menjaga kelestarian geopark nasional tersebut.

 

Wartawan : RUDI YUDISTIRA
Editor : Humas TVRI Sumatera Barat


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

PANDAI BESI BANJIR ORDERAN

31 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

POLSEK LUHAK TANGKAP PELAKU CURANMOR

31 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB