Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Masyarakat Jorong Bunuik Butuh Perbaikan Jalan

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 29 Oktober 2018 JAM 06:36:30 WIB

Kerusakan jalan usaha tani dan jalan penghubung antara dusun di Jorong Bunuik Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat butuh perbaikan. Selain berlubang, jalan penghubung antara dusun menuju nagari itu juga sering digenangi air terutama saat musim penghujan datang. Kepala dusun setempat Syamsul Anwar mengatakan panjang kerusakan jalan mencapai 3 km dengan kondisi berbeda-beda.  Bahkan di sejumlah titik terdapat lubang dengan kedalaman sekitar 30 cm. Kondisi tersebut sudah dirasakan masyarakat sejak beberapa tahun belakangan ini.

Kerusakan jalan tersebut secara otomatis bisa menganggu aktivitas ekonomi dan mobilitas masyarakat sekitar karena ribuan masyarakat di dusun tersebut dan masyarakat sekitar menggunakan jalan tersebut menuju lahan perkebunan atau areal sawah mereka. Kondisi jalan semakin rawan saat malam hari. Pengendara yang melintas harus ekstra hati-hati karena tidak terdapat penerangan jalan di sekitar lokasi, sementara ratusan lubang bertebaran di sepanjang jalan.

Masyarakat mengaku sudah menyampaikan kondisi tersebut kepada dinas terkait. Besar harapan perbaikan jalan bisa segera diprioritaskan, baik menggunakan dana nagari atau dana desa. Bahkan besar harapan masyarakat jalan bisa dilakukan pengaspalan agar lebih afektif dan tahan lama. Selama ini kerusakan jalan tersebut ternyata membuat biaya mobilitas komiditi pertanian masyarakat menjadi naik karena saat masa panen masyarakat harus menggunakan jasa angkutan khusus untuk membawa hasil panen mereka. Saat ini terdapat sekitar 300 hektare lahan padi masyarakat yang setiap hari melalui jalan tersebut.

Wartawan : ANDIKA
Editor : Aurelie Moeremans

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat