Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Sawahlunto

Konsumsi Beras Masyarakat Sumatra Barat Menurun Signifikan

Kontributor DaerahEkonomi 24 Oktober 2018 JAM 06:13:06 WIB

Konsumsi beras masyarakat Sumatra Barat dalam dua tahun terakhir  mengalami penurunan yang sangat signifikan. Hal ini disampaikan pemerintah Provinsi Sumatra Barat di Kota Sawahlunto. Menurut data Dinas Pangan Sumbar pada tahun 2010 konsumsi beras Sumbar mencapai 123 kg perkapita pertahun. Angka ini terus berkurang pada tahun 2017 menjadi 110 kg perkapita pertahun.

Kepala Dinas Pangan Sumatra Barat Efendi menjelaskan angka 110 kg tersebut merupakan angka di bawah rata-rata nasional yaitu 121 kg perkapita pertahun atau turun 11 kg perkapita pertahun. Hanya Sumatra Barat dan 2 provinsi lainnya yang mampu mencapai kondisi tersebut. Untuk terus menekan konsumsi beras Pemerintah Sumatra Barat juga tengah melakukan disersifikasi pangan atau pengembangan pangan lokal.

Diharapkan dengan adanya disersifikasi ini masyarakat tidak hanya mengonsumsi beras dengan tingkat karbohidrat yang tinggi. Selain itu masyarakat diharapkan mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, susu, telur, daging, dan ikan serta mengurangi konsumsi beras. Sementara pengurangan konsumsi beras juga mampu meminimalisir terserang panyakit berat.

Wartawan : INSAN KAMIL DAKOGA
Editor : Aurelie Moeremans

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat