Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Korban Banjir Butuh Jembatan Darurat

Kontributor DaerahSosial 22 Oktober 2018 JAM 06:41:49 WIB

Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Pasaman Barat, menargetkan pembangunan jembatan darurat di tiga titik pasca banjir di Pasaman Barat selesai selama dua minggu ke depan. Pembangunan jembatan darurat ini dianggap mendesak karena merupakan akses utama ribuan masyarakat dan pelajar setiap hari. Wakil Gubernur Sumatra Barat, Nasrul Abit meminta Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pasaman Barat dan provinsi bersama instansi terkait bisa bersama-sama dengan masyarakat untuk membangun jembatan darurat itu minimal bisa dilalui kendaraan roda dua.

Seluruh dana untuk pembangunan jembatan gantung darurat itu sudah dipersiapkan dari dana tanggap darurat kabupaten dan provinsi karena jumlahnya sangat terbatas maka diharapkan masyarakat bisa membantu agar akses jalan kembali normal. Selain itu, BPBD Provinsi Sumatra Barat juga menyerahkan bantuan berupa dana tanggap darurat sebesar tiga ratus juta rupiah dan sembilan ton beras untuk membantu kebutuhan pokok masyarakat yang terdampak bencana di Pasaman Barat.

Pemerintah daerah diminta bisa mempersiapkan proposal dan anggaran untuk pembangunan jembatan permanen di lokasi salah satu caranya berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai Dua dan Pusat. Saat ini tercatat sekitar empat unit jembatan gantung rusak parah diantaranya terdapat di Lubuk Gobing, Jorong Tanjung Pangka dan di Kecamatan Sungai Aur serta kerusakan ringan hingga berat pada jembatan komposit. Selain memberikan bantuan Narsul Abit bersama rombongan juga meninjau langsung perkampungan Lubuk Gobing karena di kampung tersebut terdapat empat ratus kepala keluarga yang terisolasi akibat putusnya jembatan gantung bahkan untuk menuju nagari mereka harus menggunakan getek.

Wartawan : ANDIKA
Editor : prihandonodona

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat