Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Puluhan Rumah di Batang Umpai Terkena Banjir Susulan

Kontributor DaerahBencana Alam 19 Oktober 2018 JAM 06:57:16 WIB

Masih tingginya intensitas hujan yang melanda Kabupaten Pasaman Barat sejak rabu sore membuat sejumlah rumah masyarakat di Jorong Batang Umpai Nagari Aia Gadang Kecamatan Pasaman kembali digenangi banjir. Banjir susulan ini membuat masyarakat kewalahan karena mereka harus kembali mengevakuasi perabotan rumah tangga dan harta benda mereka. Banjir susulan ini terjadi akibat meluapnya Sungai Batang Umpai dan masuknya air ke permukiman mereka.

Masyarakat mengaku banjir ini merupakan banjir kedua kalinya dalam satu minggu terakhir. Jumat kemarin ratusan rumah masyarakat di daerah tersebut juga terendam banjir dengan ketinggian mencapai satu meter. Menurut salah seorang korban banjir Ilis, banjir susulan ini membuat masyarakat sekitar panik karena air datang cukup cepat. Beruntung banjir tidak berangsung lama sehingga mereka bisa melakukan evakuasi diri dan harta benda.

Masyarakat menilai banjir tahun ini terbilang luar biasanya dari tahun sebelumnya karena banjir terjadi beberapa kali dalam sepekan. Meski tidak memakan korban jiwa namun kerugian masyarakat ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Masyarakat berharap ke depan pemerintah bisa melakukan perbaikan dan normalisasi di aliran sungai dan parit di sekitar permukiman mereka. jika dibiarkan lebih lama dikhatirkan saat musim hujan banjir akan kembali terjadi bahkan diprediksi akan lebih parah dibandingkan tahun ini.

Wartawan : ANDIKA
Editor : Aurelie Moeremans

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat