Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Kenaikan Harga Dolar Pengaruhi Harga Bawang Impor

TVRI Sumatera BaratEkonomi 16 Oktober 2018 JAM 06:10:11 WIB

Naiknya harga dolar terhadap mata uang rupiah mencapai titik tertingginya 15 ribu 100 rupiah memberikan dampak kepada kenaikan harga bawang putih dan bawang bombai  impor di Pasar Raya Kota Padang. Kondisi ini membuat omset salah satu pedagang bawang di Pasar Raya berkurang 10 persen karena sepinya pembeli. Seperti yang dialami salah satu pedagang bawang di Pasar Raya Krisna Herman.

Selain sepinya pembeli pelanggan Krisna yang biasanya dari kalangan pengusaha restoran dan cafe-cafe yang ada di Kota Padang terpaksa harus mengurangi pembelian jumlah bawang untuk menekan biaya produksi. Saat ini harga bawang bombai dijual 18 ribu rupiah perkilogram naik dari harga sebelumnya 13 ribu rupiah per kilo gram. Sedangkan untuk harga bawang putih mengalami kenaikan 4 ribu rupiah dari harga sebelumnya 14 ribu menjadi 18 ribu rupiah per kilonya.

Bawang bawang impor yang masuk ke Pasar Raya Kota Padang ini adalah bawang yang berasal dari negara tetangga seperti singapora, malaysia, vietnam, dan cina. Pedagang memprediksi harga bawang impor tersebut akan terus mengalami kenaikan apabila dolar terus menguat terhadap mata uang rupiah. Hal ini mengingat para distributor bawang impor di Indonesia termasuk di Kota Padang membeli bawang dari luar negeri dengan sistem memakai dolar.

Wartawan : REDO JAYUSMAN
Editor : Aurelie Moeremans

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat