Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Pemerintah Harus Segera Carikan Solusi Penyelesaian Banjir

TVRI Sumatera BaratLingkungan hidup 15 Oktober 2018 JAM 06:31:51 WIB

Kawasan perumahan Jondul Rawang Mata Air Kecamatan Padang Selatan Kota Padang sejak beberapa tahun terakhir sering kebanjiran. Tak jarang saat hujan deras dengan durasi satu hingga satu setengah jam membuat daerah rawan banjir ini sering digenangi air hingga satu meter. Menurut salah seorang ketua rw di kawasan tersebut berbagai upaya telah dilakukan warga untuk mengatasi banjir di Jondul Rawang ini. Di antaranya dengan bergotong royong memperbaiki dan membersihakn saluran air atau drainase.

Meski pemerintah Kota Padang khusunya dinas terkait  sedang memperbaiki drainase di kawasan ini terutama drainase yang di jalan utama daerah Mata Air Kecamatan Padang Selatan. Namun hal tersebut belum tentu dapat menyelesaikan persoalan banjir dengan tuntas. Menurut Babe  salah seorang tokoh masyarkat setempat  persoalan penyelesain banjir seharusnya dengan mengaktif kembali saluran yang ada pada masa lalu yakni saluran air dari jondul rawang  menuju daerah kerendahan di daerah gaung.

Hal senada juga disampaikan oleh masyarakat lainnya pada tahun 80-an.  Saluran air di persimpangan jalan di daerah menuju gaung dialihkan menuju kawasan Pelabuhan Teluk Bayur untuk kepentingan pelebaran jalan. Sehingga pembuangan saluran air yang telah ada berubah arah tidak menuju gaung lagi namun menuju Pelabuhan Teluk Bayur. Untuk itu masyarakat Jondul Rawang Kecamatan Padang Selatan Kota Padang berharap kepada pemerintah kota  dalam menyelesaikan persoalan banjir harus analisa  dan penyelesaian yang tepat. Sehingga persolan banjir di kota padang ini diharapkan bisa selesai dengan tuntas.

Wartawan : NURUL QALBI.
Editor : Aurelie Moeremans

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat