Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Dua Jorong Di Nagari Aia Gadang Alami Banjir Terparah

Kontributor DaerahBencana Alam 15 Oktober 2018 JAM 06:10:25 WIB

Beginilah kondisi masyarakat yang terdampak banjir Jorong Labuah Luruih dan Jorong Pasir Bintungan Nagari Aia Gadang Kecamatan Pasaman. Sebagian besar bangunan dan rumah masyarakat setempat tampak di lumuri lumpur dan bekas genangan air. Hingga minggu pagi sejumlah masyarakat masih terlihat sibuk membersihkan pakaian dan perabotan rumah tangga mereka yang rusak atau terdampak lumpur. Masyarakat juga terlihat menjamur kasur dan perbotan mereka di halaman rumah hingga ke pinggir jalan raya. Wali Nagari Aia Gadang Junaidin mengatakan sembilan puluh persen dari total masyarakat Nagari Aia Gadang terdampak banjir.

Perkumiman masyarakat yang terendam paling parah terjadi di Jorong Pasir Bintungan Dan Jorong Labuah Luruih. Kawasan itu menjadi kawasan terparah karena berada dekat dengan aliran Sungai Batang Pasaman. Saat ini masyarakat setempat masih sibuk melakukan pembersihkan rumah mereka dan perabotan. Bahkan beberapa diantara masyarakat berupaya memperbaiki bagian rumahnya yang rusak atau roboh akibat banjir. Masyarakat mengaku sejak lima tahun terakhir banjir kali ini merupakan banjir terparah.

Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan resmi berupa jumlah rumah masyarakat yang rusak akibat banjir atau kerugian materi lainnya. Namun informasi sementara puluhan hektare ladang padi dan kebun jeruk masyarakat rusak akibat banjir. Masyarakat setempat berharap selain bantuan sembako dan makanan mereka meminta pemerintah bisa membantu korban yang mengalami kerusakan rumah sebab terdapat beberapa rumah masyarakat yang ambruk dan hanyut akibat derasnya arus banjir jumat malam.

Wartawan : ANDIKA
Editor : Aurelie Moeremans

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat