Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Warga Padang Harus Siaga Bencana

TVRI Sumatera BaratSeputar Sumbar 04 Oktober 2018 JAM 06:42:54 WIB

Berada di pesisir pantai dan perbukitan, Kota Padang menjadi salah satu kota di Indonesia yang termasuk rawan bencana seperti gempa darat, gempa laut,  hingga tsunami. Warga Padang harus cerdas mengenali kesiagaan menghadapi sebuah bencana yang bisa terjadi kapan saja. Warga Kota Padang harus memiliki ilmu pengetahuan tentang kesiapsiagaan bencana sebagai bekal untuk penyelematan pertama.

Jika terjadi bencana gempa bumi yang berasal dari laut, masyarakat harus keluar dari rumah atau bangunan dan mencari lapangan luas untuk menghindari reruntuhan bangunan. Ketika gempa berkekuatan besar, masyarakat harus mencari shelter-shelter yang telah dibangun pemerintah atau lari ke dataran tinggi tanpa melihat kondisi air laut terlebih dahulu.

Edy Hasmi Kepala BPBD Kota Padang mengatakan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat Kota Padang terkhususnya yang berada di pesisir pantai. BPBD Kota Padang melakukan program door to door ke rumah warga demi memberikan tambahan ilmu pengetahuan kesiapsiagaan masyarakat ketika Kota Padang diguncang gempa dan berpotensi tsunami.

Selain program door to door yang dilakukan oleh BPBD Kota Padang, pemerintah Kota Padang sudah memasang papan pengumuman tentang cara menghadapi bencana gempa laut dan tsunami di beberapa titik kawasan Pantai Padang. Dengan demikian diharapkan kesiapsiagaan masyarakat Kota Padang bisa bermanfaat untuk dirinya saat menghadapi bencana yang bisa terjadi kapan saja serta dapat meminimalisir korban jiwa.

Wartawan : REDO JAYUSMAN
Editor : Aurelie Moeremans

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat