Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Sumbar Dinilai Belum Siap Hadapi Gempa Dan Tsunami

TVRI Sumatera BaratSeputar Sumbar 04 Oktober 2018 JAM 06:36:04 WIB

Sumbar dinilai belum siap menghadapi bencana gempa dan tsunami. Hal ini diungkapkan Koordinator Forum Pengurangan Risiko Bencana Khalid Syaifullah. Ketidaksiapan ini dinilai dari sejumlah indikator yakni masyarakat masih mengevakuasi diri menggunakan kendaraan sehingga dua hingga 3 menit setelah gempa kondisi jalanan langsung lumpuh total.

Hal ini menyikapi dari bencana gempa bumi pada Maret 2016 lalu. Selain itu keberadaan shelter juga dinilai belum bisa dipastikan kelayakannya sebagai tempat evakuasi. Sebanyak 4 shelter yang dibangun pemerintah lewat APBN tidak ada manajemen pengelolaan yang baik hingga aliran listriknya diputus.

Sedangkan 74 Tempat Evakuasi Sementara (TES) juga belum memiliki sanitasi dan fasilitas yang memadai. 74 Tempat Evakuasi Sementara (TES) tersebut hanya berpotensi menjadi lokasi evakuasi hanya karena berupa bangunan tinggi dan terlihat kokoh tanpa diketahui kepastian kelayakannya memenuhi standar yang ditentukan. Menyikapi hal ini Khalid Syaifullah berharap pemerintah meningkatkan perannya dalam membangun kesiapsiagaan kepada masyarakat khususnya di Kota Padang dan 7 kabupaten kota lainnya yang dianggap rawan bencana gempa tsunami.

 

Wartawan : NOVIKA/ AGUSRI
Editor : Aurelie Moeremans

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat