Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Produktivitas Ayam Petelur Menurun

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 02 Oktober 2018 JAM 06:09:06 WIB

Cuaca ekstrem yang melanda Pasaman Barat beberapa waktu belakangan ternyata berpengaruh terhadap sejumlah lini. Salah satunya dikeluhkan oleh peternak ayam petelur. Peternak mengaku akibat cuaca ekstrem, produktivitas telur ayamnya turun sekitar 20 persen. Selain turun, peternak juga harus bekerja lebih ekstra untuk memperhatikan kesehatan dan perawatan ternak mereka agar tidak sakit atau mati. Seperti memberikan vitamin dan obat anti stres, serta membersihkan kandang secara intensif.

Seperti yang terlihat di kandang ayam petelur milik Lusi, biasanya dalam satu hari, ia bisa mengahasilkan sekitar 10 papan telur ayam. Namun sejak awal September lalu, turun menjadi 8 papan saja. Selain pruduktivitasnya turun, ukuran telur yang dihasilkan juga kecil dibandingkan sebelumnya. Akibatnya pemilik kandang harus berfikir dan memberikan tambahan vitamin agar bisa mempertahankan kualitas dan kuantitas usaha mereka.

Mereka khawatir jika kondisi ini berlangsung lama, akan berpengaruh terhadap penghasilan mereka karena harus mengeluarkan biaya cukup besar baik perawatan maupun pakan ayam. Meski menghadapi kondisi sulit, peternak mengaku masih bisa bertahan, sebab harga jual telur ayam di pasaran cukup tinggi, serta permintaan masyarakat masih stabil. Peternak berharap ke depan cuaca kembali normal, serta memberikan dampak positif baik bagi peternak atau petani.

 

Wartawan : ANDIKA
Editor : Aurelie Moeremans

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat