Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Ribuan Mahasiswa Demo Minta Batasi Impor Beras

TVRI Sumatera BaratSeputar Kota Padang 26 September 2018 JAM 06:23:45 WIB

Memperingati hari tani di Indonesia yang jatuh pada tanggal 24 September, ribuan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Se Indonesia menggelar aksi demo di depan Kantor Gubernur Sumatra Barat. Sebelum melakukan orasi di depan kantor Gubernur Sumbar, ribuan mahasiswa tersebut melakukan long march dari kawasan Permindo Kota Padang menuju Kantor Gubernur Sumbar. Mahasiswa menuntut pemerintah untuk membatasi impor beras. Selain itu juga mahasiswa meminta kepada pemerintah untuk dapat memperluas lahan pertanian di Indonesia serta meningkatkan produktifitas hasil pertanian di Indonesia termasuk di Provinsi Sumatra Barat.

Mahasiswa mendesak pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit pada saat mahasiswa tersebut melakukan orasinya untuk menyerahkan beberapa tuntutan mahasiswa ke pemerintah pusat dengan melakukan penanda tanganan mou antara mahasiswa dengan pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Demi menampung aspirasi dari mahasiswa Nasrul Abit pun menanda tangani MOU tuntutan mahasiswa untuk diserahkan ke pemerintah pusat.

Mahasiswa menilai program impor beras yang dilakukan oleh pemerintah sama saja menyakiti petani Indonesia dan program tersebut dinyatakan tidak layak. Menghindari aksi berlebihan puluhan polisi dari Polda Sumbar pun berjaga – jaga di depan kantor gubernur. Sementara itu melampiaskan kekesalannya mahasiswa pun melakukan pembakaran replika petani yang dipasangkan foto berwajah Menteri Perdangangan Enggartiaso dan Dirut Bulog Indonesia yang gagal memperjuangkan nasib para petani Indonesia. Mahasiswa berharap menteri perdagangan dan dirut bulog untuk saling bekoordinasi dalam memperjuangkan nasib petani bukanlah berkisruh.

 

Wartawan : REDO JAYUSMAN
Editor : Aurelie Moeremans

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat