Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Harga Bahan Tekstil Naik Seribu Rupiah Per Meter

TVRI Sumatera BaratEkonomi 17 September 2018 JAM 06:16:45 WIB

Imbas melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika mulai dirasakan pedagang bahan baku tekstil di Pasar Raya Padang. Harga bahan baku tekstil seperti katun mengalami kenaikan seribu rupiah per meter. Kondisi ini telah terjadi sejak dua minggu lalu. Sebelumnya pedagang menjual bahan katun 28 ribu rupiah per meter.

Kini pedagang terpaksa menaikkan harga jual kepada pembeli menjadi 29 ribu hingga 30 ribu rupiah per meternya. Kenaikan harga ini kerap dikeluhkan pembeli sehingga semakin melemahkan daya beli masyarakat. Pedagang pesimis harga bahan baku tekstil akan kembali turun karena kecendrungan selama ini saat terjadi kenaikan harga sulit untuk kembali normal.

Bagi pedagang bahan baku tekstil tingginya nilai tukar dolar tidak menjadi kendala asalkan terus stabil. Karena jika nilai tukar dolar mengalami fluktuasi dengan naik dan turun harga hanya dalam jangka waktu satu atau dua bulan akan mengacaukan harga di pasaran. Selain pedagang bingung untuk menetapkan harga jual, pembeli juga sering mengeluh dengan perubahan harga tersebut sehingga pedagang sulit untuk mendapatkan pelanggan.

Wartawan : NOVIKA/ JONI SARTIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat